Efektivitas Penerapan Metode Discovery Learning dalam Pembelajaran Agama di SMK Negeri 1 Mesjid Raya Aceh Besar

Ali Akbar, 211323755 (2018) Efektivitas Penerapan Metode Discovery Learning dalam Pembelajaran Agama di SMK Negeri 1 Mesjid Raya Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Penerapan Metode Discovery Learning]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Metode Discovery Learning)
Ali Akbar.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan sekolah yang memiliki pembelajaran khusus dan umum. Mereka lebih memperhatikan pelajaran kejuruannya seperti otomotif, kayu, logam, multimedia, dan tekstil. Karena itu dirasa lebih penting ketimbang pelajaran umum seperti Pendidikan Agama Islam. Hal ini juga berlaku di SMK Negeri 1 Mesjid Raya Aceh Besar yang keseluruhan siswanya lebih memfokuskan pelajaran kejuruannya masing-masing. Untuk mengefektifkan pembelajaran umum bagi para siswa, para dewan guru yang mengajar pelajaran umum menggunakan inisiatif tersendiri guna menciptakan keefektifan belajar pada pelajaran umum. Dalam rangka mengefektifkan pembelajaran Agama Islam, 2 orang Guru Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Mesjid Raya menggunakan Metode discovery learning pada pembelajaran untuk mengefektifkan pembelajaran serta menghilangkan rasa jenuh para siswa. Pertanyaaan dalam skripsi ini adalah; Apakah penerapan metode discovery learning efektif dalam pembelajaran Agama Islam di SMK Negeri 1 Mesjid Raya Aceh Besar?, Bagaimanakah kendala yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan metode discovery learning di SMK Negeri 1 Mesjid Raya Aceh Besar?. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif untuk menggali informasi yang bersifat deskriptif analisis. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa metode discovery learning efektif pada pembelajaran PAI di SMK Negeri 1 Mesjid Raya Aceh Besar, hal ini dibuktikan dengan wawancara guru siswa, observasi dan hasil rapor para siswa. Selain itu metode ini mampu meningkatkan keaktifan dan mampu menghilangkan kejenuhan para siswa pada saat berlansungnya proses belajar mengajar. Meski ada beberapa hal yang menjadi kendala seperti listrik padam dan bahaya internet bebas bagi siswa, namun pihak sekolah mampu menanggulangi kendala tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Muji Mulia S.Ag., M.Ag. 2. Imran M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Metode Discovery Learning, Pembelajaran Agama Islam
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ali Akbar
Date Deposited: 23 Apr 2019 07:46
Last Modified: 23 Apr 2019 07:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7187

Actions (login required)

View Item
View Item