Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Minyak Bumi dan Petrokimia terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA di MAS Babun Najah Banda Aceh

Lisdawani, 291223243 (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Minyak Bumi dan Petrokimia terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA di MAS Babun Najah Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi minyak bumi da petrokimia.)
Lisdawani.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kimia merupakan disiplin ilmu pengetahuan yang melatih manusia berpikir logis, kritis, dan menyelesaikan permasalahan yang menyangkut aspek kehidupan. Namun pada kenyataannya banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mempelajari Kimia. Salah satu penyebabnya karena pembelajaran masih berpusat pada guru dan cara penyampaian guru dalam pembelajaran yang kurang kreatif di mana seorang guru dalam menyampaikan pembelajaran hanya berbentuk teori saja, dan sangat jarang guru mengaplikasikan pembelajaran itu ke dalam bentuk yang lebih kreatif yang dapat membangkitkan semangat belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas siswa, respon siswa serta pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi minyak bumi dan petrokimia. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian Quasi Experimental designe. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 120 orang, sedangkan sampel penelitian diambil siswa kelas XI IPA3 (kelas eksperimen) berjumlah 34 orang dan siswa kelas XI IPA4 (kelas kontrol) yang berjumlah 30 orang. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis yang terdiri dari pretest, postest, lembar observasi kegiatan siswa, serta angket yang berisi tentang respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning. Dari hasil penelitian diperoleh aktivitas siswa selama pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning tergolong aktif dengan persentase dari dua orang pengamat adalah 89,16%. Hal ini sesuai dengan kriteria aktivitas siswa, di mana 86 -100 dinyatakan sangat tinggi. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning sangat positif, dinyatakan bahwa nilai yang diperoleh dari kategori “ya” adalah 87,64%. Kemudian data hasil tes yang diperoleh dari hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji t pada taraf signifikan = 0,05, maka diperoleh t_Hitung>t_Tabel yaitu t_2,64>t_(1,66,) maka H0 ditolak. Dengan demikian Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa “terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi minyak bumi dan petrokimia kelas XI IPA3 di MAS Babun Najah Banda Aceh.”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. H. Ramli Abdullah, M.Pd; NIP. 195804171989031002; 2. Teuku Badlisyah M.Pd; NIP. -
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Problem Based Learning, Hasil Belajar
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2017 09:19
Last Modified: 15 Sep 2017 09:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/719

Actions (login required)

View Item View Item
TOP