Penerapan Model Project Based Learning Pada Materi Fluida Statis Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa di MAN 5 Aceh Besar

Darmawati, 140204131 (2018) Penerapan Model Project Based Learning Pada Materi Fluida Statis Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa di MAN 5 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Model Project Based Learning  Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains]
Preview
Text (Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains)
PDF DARMAWATI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of FORM B DAN D DARMA.pdf]
Preview
Text
FORM B DAN D DARMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (804kB) | Preview

Abstract

Pada umumnya bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dan lemah dalam menguasai konsep-konsep belajar fisika dan kurangnya keaktifan siswa pada saat kegiatan belajar siswa berlangsung, ketidakrelevanan buku ajar yang digunakan seringkali ditemukan dalam pembahasan soal terkait dengan materi yang diberikan, oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa salah satunya dengan menerapkan model project based learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan model project based learning pada materi fluida statis dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa di MAN 5 Aceh Besar. Jenis penelitian ini menggunakan metode pree eksperimen dengan one group pretestposttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MAN 5 Aceh Besar, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA2 sebanyak 20 siswa dengan teknik purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes tertulis. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah statistik Uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan dari uji statistik menunjukkan bahwa diperoleh thitung>ttabel yaitu 4,29>1,73 Ha diterima hipotesis yang disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran yang diajarkan menggunakan Penerapan pendekatan berbasis projek pada materi Fluida Statis dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa sehingga dengan menggunakan model tersebut proses pembelajaran lebih efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Nurulwati, M.Pd 2. Rusydi, ST. M.Pd
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Proses Sains, Pendekatan Berbasis Projek, Fluida Statis
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Darmawati 140204131
Date Deposited: 24 Apr 2019 07:12
Last Modified: 24 Apr 2019 07:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7192

Actions (login required)

View Item
View Item