Program Dakwah Jum`atan Walikota Banda Aceh Melalui Grup Nasyid Raihan

Furkanu Wahyu, 4111062465 (2017) Program Dakwah Jum`atan Walikota Banda Aceh Melalui Grup Nasyid Raihan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas Tentang Dakwah Jum`at)
Furkanu Wahyu.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Judul skripsi ini adalah, “Program Dakwah Jum`atan Walikota Banda Aceh Melalui Grup Nasyid Raihan” Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah Bagaimana Bentuk Aktivitas Dakwah Walikota Banda Aceh Melalui Show Nasyid Raihan Pada Tanggal 12 September 2015 Dan Pesan Dakwah Apa Saja Yang Terdapat Dalam Syair Nasyid Raihan. tujuannya untuk mengetahui bentuk-bentuk aktivitas dakwah Walikota Banda Aceh dan pesan-pesan dakwah yang disampaikan Nasyid Raihan pada kegiatan dakwah Walikota Banda Aceh tanggal 12 September 2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan tehnik pengumpulan data dengan cara Observasi, wawancara, dekumentasi dan kepustakaan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, aktivitas dakwah yang dilakukan Walikota Banda Aceh pada tanggal 12 September 2015 menggunakan media seni musik yang bernuansa Islami, yakni Nasyid Raihan dari Negeri Jiran, Malaysia. Dengan maksud untuk menarik perhatian dan sebagai hiburan agar masyarakat tidak merasa jenuh saat mengikuti kegiatan tersebut. Aktivitas dakwah ini merupakan salah satu misi dakwah Walikota Banda Aceh yang bertujuan untuk penegakan syariat Islam, pembentukan model Kota Madani dan berupaya mencerdaskan masyarakat Kota Banda Aceh, baik dalam hal pengetahuan urusan dunia maupun pengetahuan tentang ilmu agama, guna sebagai penunjang penerapan Kota Banda Aceh sebagai model Kota Madani. Selain itu, aktivitas dakwah ini guna untuk merubah peradaban baru di Kota Banda Aceh dengan menjunjung tinggi ajaran dan nilai-nilai agama Islam. Sedangkan dakwah yang disampaikan melalui Nasyid Raihan mengandung pesan aqidah, akhlak dan ibadah. Intinya megajak masyarakat Kota Banda Aceh untuk menjadi manusia yang berakhlak mulia sesuai dengan tuntunan Al-Quran dan Hadist.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Drs. Baharuddin AR, M.Si 2.Dr. Abizal Muhammad Yati, L. C., M.A
Uncontrolled Keywords: Dakwah, Jumlat, Ibadah, Shalat
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Marlini Abdurrahman
Date Deposited: 25 Sep 2017 02:36
Last Modified: 25 Sep 2017 02:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/721

Actions (login required)

View Item View Item
TOP