Saintifik, Keterampilan Proses Sains (KPS), Gerak Harmonik Sederhana

Rizal Aswadi, 140204164 (2019) Saintifik, Keterampilan Proses Sains (KPS), Gerak Harmonik Sederhana. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text
FORM B DAN FORM D RIZAL ASWADI.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PDF DIGABUNG KESELURUHAN ISI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi pada pembelajaran IPA Fisika khususnya materi Getaran Harmonik Sederhana di MAN 1 Pidie, di temukan bahwa pembelajaran hanya memfokuskan pada aspek kognitif tentang Getaran Harmonik Sederhana, tetapi belum memfokuskan bagaimana melatih keterampilan proses sains (KPS) siswa. Pembelajaran fisika sering disajikan dalam bentuk langsung dan masih bersifat satu arah dari pendidik ke siswa (teacher oriented). Salah satu solusi yang dapat melatih KPS adalah Penerapan penedekatan Saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan keterampilan Proses Sains siswa dengan pendekatan Saintifik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen, yang melibatkan kelas kontrol XI IPA 5 yang berjumlah 30 siswa/i dan kelas eksperimen XI IPA 6 yang berjumlah 32 siswa/i. Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes dalam bentuk pilihan ganda. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t dan data dari hasil Aktivitas guru dan aktivitas murid di analisis dengan cara deskriptive dari hasil penilaian Observer. Hasil penelitian dari uji statistik menunjukan bahwa yaitu 2,21> 1,67 untuk taraf signifikan 95% dan Sehingga hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh penerapan pendekatan Saintifik terhadap KPS siswa, hal itu dapat dilihat Adanya peningkatan delapan dari sepuluh indikator yang meningkat pada kelas Eksperimen dibandingkan dengan kelas Kontrol. Pembelajaran fisika dengan menggunakan Saintifik pada materi Getaran Harmonik Sederhana menunjukkan hasil positif dan dapat membuat siswa lebih termotivasi dan semangat dalam belajar sehingga hasil belajar siswa lebih meningkat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Yusran, M.Pd. 2. Nurhayati,S.Si., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Saintifik, Keterampilan Proses Sains (KPS), Gerak Harmonik Sederhana
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Rizal Aswadi Aswadi
Date Deposited: 23 Apr 2019 07:44
Last Modified: 23 Apr 2019 07:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7219

Actions (login required)

View Item View Item
TOP