Komunikasi Antarpribadi Orang Tua dalam Menangani Anak Teradiktif Game Online di Kecamatan Banda Raya Kota Banda Aceh

Rizqan Ananda, 411307098 (2019) Komunikasi Antarpribadi Orang Tua dalam Menangani Anak Teradiktif Game Online di Kecamatan Banda Raya Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas Tentang Komunikasi Antarpribadi Orang Tua dalam Menangani Anak Teradiktif Game Online)
Cetak CD Repostory.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
form b dan d.pdf

Download (333kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Komunikasi Antarpribadi Orang Tua dalam Menangani Anak Teradiktif Game Online di Kecamatan Banda Raya Kota Banda Aceh” Anak yang teradiktif game online terpusat pada game center. Komunikasi antarpribadi orang tua dan anak yang ketagihan bermain game online adanya rasa empati orang tua terhadap anak seperti rasa kasih sayang dalam hal mengingatkan anaknya untuk setiap apa yang dilakukan, dan orang tua selalu memberi motivasi agar anak merasa diperhatikan. Seorang anak tidak akan mengenal game online jika tidak terpengaruh dengan teman atau lingkungan sekitar. Perkembangan dan ilmu pengetahuan yang semakin pesat seperti game online, sangat mempengaruhi lingkungan bermain anak. Dipikiran anak hanya bermain saja itu sebabnya sangat penting peran orang tua untuk menjaga, mengawasi, mengatur dan memperhatikan anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab anak teradiktif game online dan mengetahui komunikasi antarpribadi orang tua dalam menangani anak teradiktif game online. Penelitian ini merupakan field research sebagai pendekatan luas dalam penelitian kualitatif di Kecamatan Banda Raya Kota Banda Aceh tepatnya pada game center Five Net dan Vahalla Net. menggunakan metode deskriptif dimana peneliti mengungkapkan serta memaparkan data sesuai dengan apa yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengambilan sampel penulis menggunakan teknik purposive sampling dan subjek penelitian sebanyak 4 orang anak teradiktif game online dan 4 orang tua dalam menangani anak teradiktif game online, ditambah dengan pengelola game center. Hasil penelitian menunjukan penyebab anak teradiktif game online Karena tidak adanya pengawasan yang disiplin dari orang tua ketika anaknya sedang bermain game melalui handphone, pengaruh ajakan bermain game online oleh teman sebaya, kurangnya kepedulian orang tua terhadap anak, dan tidak memiliki saudara kandung laki-laki yang bisa di ajak bermain sehingga terpengaruh dengan teman sebaya yang bermain game online di game center. Komunikasi antarpribadi orang tua dalam menangani anak teradiktif game online adalah melarang anak bermain game online di luar waktu yang telah ditentukan, memberi motivasi agar cita-cita anak terwujud, memberi peluang untuk bermain agar anak berbaur dengan lingkungan, dan selalu melarang jika sering bermain game online namun menasihatinya dengan baik. Disarankan kepada orang tua untuk menetapkan kesepakatan tertentu dengan anak, misalnya memberi pengawasan, mendampingi, mengontrol aktifitas anak di luar rumah dan membatasi jadwal bermain terhadap anak. Sedangkan untuk anak diharapkan lebih mementingkan kegiatan-kegiatan pendidikan agar tidak terlalu larut dalam bermain game online.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Ade Irma, B.H.Sc.,M.A. 2. Asmaunizar, S.Ag, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Antarpribadi Orang Tua, Anak, Teradiktif Game Online
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rizqan Ananda
Date Deposited: 24 Apr 2019 01:43
Last Modified: 24 Apr 2019 01:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7233

Actions (login required)

View Item View Item
TOP