Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X pada Materi Gerak Lurus Semester Ganjil di SMAN 2 Sigli

Zuhra Aina, 140204188 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X pada Materi Gerak Lurus Semester Ganjil di SMAN 2 Sigli. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Model Pembelajaran dan Hasil Belajar)
Zuhra Aina.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
FORM B DAN D.pdf

Download (436kB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar fisika yang diperoleh peserta didik salah satunya disebabkan model pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang bervariasi. Guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode yang dominan metode ceramah, sehingga membuat peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini yang terjadi di SMA Negeri 2 Sigli. Course Review Horay (CRH) adalah salah satu model pembelajaran sebagai solusi pada permasalahan tersebut yang tujuannya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi gerak lurus di kelas X. Desain penelitian yang digunakan Quasi Eksperimetal Design dengan jenis Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Desing. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive Sampling yang melibatkan dua kelas yaitu kelas X-MIPA3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-MIPA4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa soal tes, yang terdiri soal tes objektif pilihan ganda sebanyak 10 soal. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data diperoleh thitung 3,64 dan ttabel 2,02 yang berarti thitung > ttabel yang menyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan analisi skor N-Gain untuk kelas eksperimen dengan kategori tinggi 0,80 dan kelas kontrol dengan kategori sedang 0,69. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) terdapat peningkatan hasil belajar untuk kelas X pada materi gerak lurus di SMA Negeri 2 Sigli.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Eng. Nasrullah Idris, M.Si 2. Juniar Afrida, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH), Hasil Belajar, Materi Gerak Lurus.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Zuhra Aina Zuhra
Date Deposited: 23 Apr 2019 07:16
Last Modified: 23 Apr 2019 07:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7241

Actions (login required)

View Item View Item
TOP