Penggunaan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil MelajarSiswa pada Konsep Listrik Dinamis di SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh

Riska Wahyuni, 251222794 (2016) Penggunaan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil MelajarSiswa pada Konsep Listrik Dinamis di SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Listrik]
Preview
Text (Membahas Tentang Listrik)
RISKA WAHYUNI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang “Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Listrik Dinamis Di SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh”. Tujuan penelitian untuk untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penggunaan alat peraga pada konsep listrik dinamis dan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan alat peraga dalam pembelajaran pada konsep listrik dinamis di SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen (Quasi Experimental Research) dengan desain pre test - post test experimental controlgroup design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Sampling Purposive. Sampel penelitian untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol berjumlah 38 siswa. Analisis data menggunakan uji-t untuk menguji hasil belajar dan analisis respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yaitu thitung > t1α (3,94 >1,68), yang artinya dengan adanya penggunaan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh. Berdasarkan angket yang dibagikan kepada siswa terhadap penggunaan alat peraga pada materi listrik dinamis dapat diketahui persentase dengan kriteria sangat tidak setuju (STS) = 0,87%, tidak setuju (TS) = 9,21 %, setuju (S) = 33,33 % dan sangat setuju (SS) = 56,57%. Dari jumlah siswa 19 orang, jadi kriteria persentase tanggapan siswa yang setuju adalah 89,9 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan alat peraga dapat memberikan semangat dalam belajar dan juga siswa lebih aktif sehingga hasil belajar siswa meningkat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Lina Rahmawati, M.Si 2.Jufprisal, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Alat peraga, hasil belajar,listrik Dinmis, sekolah, pendidikan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Riska wahyuni
Date Deposited: 20 Sep 2017 04:29
Last Modified: 20 Sep 2017 04:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/725

Actions (login required)

View Item
View Item