Keanekaragaman Coleoptera di Hutan Kota BNI Banda Aceh Gampong Tibang sebagai Penunjang Praktikum Matakuliah Entomologi

Nurul Akbari, 281121577 (2016) Keanekaragaman Coleoptera di Hutan Kota BNI Banda Aceh Gampong Tibang sebagai Penunjang Praktikum Matakuliah Entomologi. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang kumbang dengan berbagai macam spesies yang ada di Hutan Kota BNI Banda Aceh Gampong Tibang)
Nurul Akbari.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (606kB) | Preview

Abstract

Coleoptera merupakan salah satu objek kajian pada matakuliah Entomologi yang dapat dipraktikumkan oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi UIN Ar-Raniry. Pelaksanaan praktikum tentang bioekologi Coleoptera sudah pernah dilakukan akan tetapi masih terkendala dengan beberapa masalah seperti, mahasiswa masih sulit mengenal spesies Coleoptera hal tersebut dikarenakan minimnya referensi tentang spesies Coleoptera, sehingga dilakukanlah penelitian tentang keanekaragaman Coleoptera untuk menambah data dan referensi dalam mata kuliah Entomologi. Penelitian keanekaragaman Coleoptera dilakukan di Hutan Kota BNI Banda Aceh Gampong Tibang pada bulan Juni 2015 yang bertujuan untuk mengetahui tingkat keanekaragaman, deskripsi dan klasifikasi spesies Coleoptera yang terdapat di Hutan Kota BNI serta menyediakan referensi dalam bentuk buku saku, modul praktikum dan poster pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Survey eksploratif. Pengambilan sampel dilakukan secara purporsif terhadap Coleoptera yang terdapat pada tiap stasiun pengamatan. Penghitungan tingkat keanekaragaman Coleoptera menggunakan indeks Shannon-Weiner (Ĥ). Parameter dalam penelitian ini meliputi jumlah spesies, jumlah individu, tingkat keanekaragaman dan faktor fisika kimia lingkungan. Hasil penelitian diketahui bahwa tingkan keanekaragaman Coleoptera di Hutan Kota BNI tergolong sedang yaitu Ĥ =1,7442 dengan jumlah Coleoptera yang didapatkan 11 spesies dari 5 famili Coleoptera. Pada saat penelitian dilakukan suhu rata- rata berkisar antara 260C sampai 320C, sedangkan kelembaban berkisar antara 56% sampai 86%, intensitas cahaya berkisar antara 0,6 Cd sampai 17,200 Cd dan kecepatan angin berkisar antara 0,15 sampai 4,95 Knots. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan keanekaragaman Coleoptera di Hutan kota BNI tergolong sedang, dan hasil penelitian keanekaragaman Coleoptera dapat dijadikan sebagai referensi tambahan dalam praktikum mata kuliah Entomologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Elita Agustina, M. Si; NIP. 197808152009122002 2. Samsul Kamal, S. Pd, M. Pd; NIP. 198005162011011007
Uncontrolled Keywords: Keanekaragaman, Coleoptera, Entomologi
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 590 Animals (Ilmu Hewan, Ilmu Binatang)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Marlini Abdurrahman
Date Deposited: 19 Jul 2017 08:29
Last Modified: 24 Jul 2017 09:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/74

Actions (login required)

View Item View Item
TOP