Penerapan Model Pembelajaran Tim Assisted Individual Ization (Tai) dan Media Audio Visual Materi Sistem Ekskresi di Smpn I Ingin Jaya Aceh Besar

Meriyati Minarta, 281223115 (2018) Penerapan Model Pembelajaran Tim Assisted Individual Ization (Tai) dan Media Audio Visual Materi Sistem Ekskresi di Smpn I Ingin Jaya Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Model Pembelajaran Tim Assisted Individual Ization (Tai) dan Media Audio Visual)
Meriyati Minarta.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Model Pembelajaran Tim Assisted Individual Ization (Tai) dan Media Audio Visual)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (960kB) | Preview

Abstract

Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa terutama dalam pembelajaran IPA di SMPN 1 Ingin Jaya Aceh Besar disebabkan pada proses pembelajaran selama ini masih menggunakan pembelajaran konvensional sehingga menyebabkan banyak siswa yang belum mencapai KKM. Salah satu upaya untuk mengatasinya permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualiztion dan media Audio Visual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization dan media Audio Visual dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada materi ekskresi di SMPN 1 Ingin Jaya Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan True Experimental Design dengan bentuk pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Ingin Jaya yang berjumlah 3 kelas, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB dan VIIIC. Pemilihan sampel menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukan presentase aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen 79,50% dan kelas kontrol 62,96%. Analisis hasil belajar diperoleh thitung>ttabel (4,14>1,68) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization dan media Audio visual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada materi sistem ekskresi di SMP 1 Ingin Jaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Elita Agustina, M. Si 2. Eriawati, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran, Team Assisted Individualization, Media Audio visual, Aktivitas belajar, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Meriyati Minarta Meri
Date Deposited: 03 May 2019 02:04
Last Modified: 03 May 2019 02:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7404

Actions (login required)

View Item View Item
TOP