Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming dengan Media Miniatur untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kelas V MIN 5 Aceh Besar

Nanda Riski, 140209061 (2019) Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming dengan Media Miniatur untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kelas V MIN 5 Aceh Besar. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (Membahas Tentang Metode dan Media Pembelajaran)
NANDA RISKI PDF.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
FORM B DAN FORM D - NANDA RISKI.pdf

Download (904kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming dengan Media Miniatur untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Kelas V MIN 5 Aceh Besar” Adapun yang melatar belakangi munculnya judul ini disebabkan karena kurang tepatnya pemilihan metode dan media pembelajaran selama proses pembelajaran berlangsung, sehingga menyebabkan hasil belajar yang diperoleh siswa menjadi rendah. Jika pemilihan metode dan media pembelajaran tepat digunakan dalam proses pembelajaran maka hasil belajar yang diperoleh oleh siswa akan semakin baik. Salah satu alternatif metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas guru serta siswa adalah dengan menggunakan metode pembelajaran brainstorming dengan media pembelajaran inovatif yang menarik perhatian siswa yaitu dengan menggunakan media miniatur. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimanakah aktivitas guru dan siswa terhadap penerapan metode brainstorming dengan media miniatur, dan bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa terhadap penerapan metode brainstorming dengan media miniatur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran terhadap penerapan metode pembelajaran brainstorming dengan media miniatur. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MIN 5 Aceh Besar yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui lembar observasi untuk guru dan untuk siswa, serta post-test (tes akhir). Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan skor persentase. Berdasarkan hasil penelitian, aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh persentase 79,34% (baik), pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 94,56% (sangat baik). Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I yaitu 74% (baik), pada siklus II meningkat menjadi 90,21% (sangat baik). Sedangkan hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus I hanya 17 siswa yang tuntas dengan persentase 57%, dan tidak tuntas 13 siswa dengan persentase 43%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 26 siswa mencapai ketuntasan dengan persentase 87%, dan 4 siswa tidak tuntas dengan persentase 13%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode brainstorming dengan media miniatur dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas V MIN 5 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Additional Information: Pembimbing 1. Mawardi, M.Ag 2. Wati Oviana, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Brainstorming dan Media Miniatur
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: 140209061 Nanda Riski
Date Deposited: 29 Apr 2019 07:01
Last Modified: 27 May 2019 06:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7419

Available Versions of this Item

  • Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming dengan Media Miniatur untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kelas V MIN 5 Aceh Besar. (deposited 29 Apr 2019 07:01) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item
TOP