Penerapan Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMA IT Al Fityan School Aceh

Suharian Amiril Akbar, 140206029 (2019) Penerapan Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMA IT Al Fityan School Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang manajemen kelas dan motivasi belajar)
Gabungan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penerapan manajemen kelas merupakan suatu proses untuk menciptakan dan mempertahankan suasana kelas agar kegiatan belajar mengajar dapat berlangsung secara efektif dan efisien. Dalam penerapannya tentu juga dibutuhkan berbagai opsi pendekatan yang tepat dalam kegiatan manajemen kelas dan setiap guru sebagai seorang manajer kelas dituntut untuk dapat memahami serta menguasai berbagai pendekatan tersebut sehingga kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien dan juga tentunya akan berdampak kepada peningkatan motivasi belajar siswa. Motivasi merupakan dorongan dan semangat dari setiap individu untuk melakukan sesuatu dengan bersungguh-sungguh. Oleh sebab itu motivasi ini sangat diperlukan dalam kegiatan belajar, sebab seseorang yang tidak mempunyai motivasi dalam belajar, tidak akan melakukan aktivitas belajar dengan efektif. Tujuan penelitian skripsi ini adalah: 1). Untuk mengetahui pendekatan manajemen kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA IT Al Fityan School Aceh dan 2). Untuk mengetahui implikasi manajemen kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA IT Al Fityan School Aceh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan dianalisa dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Wali Kelas dan dua orang Guru matapelajaran yang terdiri dari Guru bahasa indonesia dan Guru matematika. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Manajemen kelas baik berupa pengaturan siswa maupun fasilitas fisik di dalam kelas di SMA IT Al Fityan Aceh sudah baik. Pendekatan manajemen kelas yang mampu meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA IT Al Fityan School Aceh yaitu adalah pendekatan permisif, pendekatan instruksional, pendekatan perubahan perilaku, pendekatan sosio-emosional dan pendekatan kerja kelompok. Sedangkan pendekatan otoriter dan pendekatan intimidasi tidak terlalu berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa sedangkan pendekatan plural dan elektis sangat tergantung kepada waktu dan kondisi saat aplikasinya, 2). Implikasi pendekatan manajemen kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA IT Al Fityan School Aceh juga sudah berjalan dengan baik dan benar sesuai prosedur manajemen kelas, baik secara teori maupun praktiknya di lapangan. Dan juga memberikan perubahan energi bagi siswa sehingga mereka lebih cenderung semangat dan termotivasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1.Dr. H. Syabudin Gade, M. Ag 2.Drs. Hasbi Wahy M. Pd
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kelas, Motivasi Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S.Pd Suharian Amiril Akbar Iril
Date Deposited: 29 Apr 2019 08:32
Last Modified: 29 Apr 2019 08:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7442

Actions (login required)

View Item View Item
TOP