Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran melalui Model Make A Match dan Media Visual pada Kelas V MIN 20 Aceh Besar

Arita, 140209081 (2019) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran melalui Model Make A Match dan Media Visual pada Kelas V MIN 20 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Peningkatan Hasil Belajar]
Preview
Text (Membahas tentang Peningkatan Hasil Belajar)
SKRIPSI FULL REVISI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Peningkatan Hasil Belajar]
Preview
Text (Membahas tentang Peningkatan Hasil Belajar)
Form B dan Form D - Arita.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Model Make A Match adalah salah satu model pembelajaran yang efektif digunakan dalam proses pembelajaran, karena siswa dapat belajar mengenai suatu topik dalam suasana yang menyenangkan. Sedangkan media Visual merupakan penyampaian imformasi secara kreatif, sehingga dapat membantu pembelajaran menjadi menarik, efektif dan efisien yang dapat memotivasi siswa dalam belajar. Adanya perpaduan model Make A Match dan media Visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini (1) untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa terhadap tema 5 Bangga Sebagai Bangsa Indonesia melalui model Make AMatch dan Media Visual di kelas V MIN 20 Aceh Besar. (2). Untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran Tema 5 Bangga Sebagai Bangsa Indonesia melalui model Make AMatch dan media Visual di kelas V MIN 20 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang memiliki empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Siswa kelas V3 MIN 20 Aceh Besar sebagai subjeknya yang berjumlah 40 siswa. Instrumen penelitian ini menggunkan lembar aktivitas guru dan lembar aktivitas siswa serta soal tes yang dianalisis menggunakan rumus persentase. Hasil data persentase yang diperoleh dari observasi aktivitas guru siklus I sebesar 79,34% dan siklus II 94,79%. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I 67,10% dan siklus II 88,75%. Nilai rata-rata pada siklus I dari 69,25% menjadi 82,75% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model Make A Match dan Media Visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan tidak menggunakan model Make A Match dan Media Visual di Pembelajaran pada tema 5 Bangga Sebagai Bangsa Indonesia, sub tema 1 Indonesiaku, Bangsa yang Kaya dikelas V MIN 20 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Mujiburrahman, M.Ag 2. Hafidh Maksum, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Make A Match, Visual, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arita Arita
Date Deposited: 30 Apr 2019 02:50
Last Modified: 30 Apr 2019 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7453

Actions (login required)

View Item
View Item