Penerapan Model Numbered Head Together (NHT) dengan Menggunakan Media Torso untuk Meningkatkan Hasil iiiBelajar Siswa Pada Tema 3 Kelas V MIN 21 Aceh Besar.

Nurul Mazaya, 140209050 (2019) Penerapan Model Numbered Head Together (NHT) dengan Menggunakan Media Torso untuk Meningkatkan Hasil iiiBelajar Siswa Pada Tema 3 Kelas V MIN 21 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text
Form B dan Form D - Nurul Mazaya.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penerapan Model Numbered Head Together (NHT) dengan Menggunakan Media Torso untuk Meningkatkan Hasil Belajar)
NURUL MAZAYA UPLOAD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Sebagian besar siswa kelas V B belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan MIN 21 Aceh Besar yaitu 70. Salah satu faktor yang menghambat pencapaian KKM tersebut adalah pasifnya siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung, hal ini menyebabkan hasil belajar rendah. Menurut peneliti hal ini dapat diatasi dengan menggunakan model kooperatif learning tipe Numbered Head Together dengan dipadukan Media Torso. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Untuk mendeskripsikan aktivitas penerapan model pembelajaran NHT dengan media Torso terhadap aktivitas guru pada Tema 3 Kelas V MIN 21 Aceh Besar, 2). Untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran NHT dengan media Torso terhadap aktivitas siswa pada Tema 3 Kelas V MIN 21 Aceh Besar, 3). dan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran NHT dengan media Torso terhadap hasil belajar siswa pada Tema 3 Kelas V MIN 21 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (classromm action research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V B MIN 21 Aceh Besar yang berjumlah 20 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa dan lembar soal evaluasi. Analisis aktivitas guru dan siswa menggunakan rumus persentase. Aktivitas guru pada siklus 1 berada pada kategori baik (77%), pada siklus II meningkat pada kategori baik sekali (98%). Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori baik (78%), sedangkan aktivitas siswa pada siklus II meningkat pada kategori baik sekali (97%). Analisis hasil belajar siswa pada penelitian ini menggunakan lembar evaluasi dengan jumlah soal 10 butir dan menggunakan tipe soal choise. Hasil belajar siswa pada siklus 1 tidak tuntas dikarenakan siswa yang tuntas hanya (45%) sedangkan ketuntasan secara klasikal pada MIN 21 Aceh Besar adalah 70%. Sedangkan hasil belajar pada siklus II adalah tuntas dengan jumlah siswa yang tuntas mencapai (90%). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah aktivitas guru dan aktivitas siswa meingkat menjadi sangat baik. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan dengan menggunakan model NHT dan media torso yang penulis terapkan pada pembelajaran Tema 3 ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurul Mazaya
Date Deposited: 15 May 2019 07:51
Last Modified: 15 May 2019 07:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7463

Actions (login required)

View Item View Item
TOP