Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif Melalui Model Pembelajaran TPS (Think Pair and Share) Di Kelas VIII MTsS Darul Aitami Aceh Selatan

Riza Sartinawati, 140207009 (2019) Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif Melalui Model Pembelajaran TPS (Think Pair and Share) Di Kelas VIII MTsS Darul Aitami Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran dan Minat Belajar Siswa)
Riza Sartinawati.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran Biologi di MTsS Darul Aitami Aceh Selatan masih sepenuhnya berpusat kepada guru dan siswa kurang terlibat aktif selama proses pembelajaran berlangsung, sehingga menyebabkan siswa kurang berminat dalam mengikuti proses pembelajaran. Keadaan seperti ini mempengaruhi hasil belajar siswa, dan banyak siswa yang tidak mencapai nilai KKM, rata- rata nilai siswa adalah 70 ke bawah sedangkan standar ketuntasan yang telah ditetapkan pada kelas VIII pada mata pelajaran Biologi adalah 75. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana minat dan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran materi zat aditif dan zat adiktif melalui model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Penelitian dilaksanakan di MTsS Darul Aitami Aceh Selatan. Metode penelitian yang digunakan yaitu pre experiment dengan design penelitian one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsS Darul Aitami Aceh Selatan yang terdiri dari 34 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling yaitu seluruh siswa kelas VIII MTsS. Teknik pengumpulan data berupa angket dan tes. Instrumen dalam penelitian ini diperoleh dari daftar angket dan soal tes (pretest dan posttest). Teknik analisis minat siswa menggunakan statistik deskriptif dengan rumusan persentase, sedangkan data peningkatan hasil belajar menggunakan rumus N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat siswa terhadap pembelajaran menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) tergolong dalam kategori baik sekali dengan nilai rata-rata 82,32%. Hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata pre-test 42,47 dan mengalami peningkatan dengan perolehan nilai rata-rata post-test 79,11, serta rata-rata nilai N-gain sebesar 0,64 dengan kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran materi zat aditif dan zat adiktif melalui model pembelajaran Think Pair Share (TPS) kelas VIII MTsS Darul Aitami Aceh Selatan meningkatkan minat dan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dra. Nursalmi Mahdi, M.Ed., St. 2. Nurlia Zahara, S.Pd. I., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: MTsS Darul Aitami Aceh Selatan , Minat belajar, Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS), Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Riza Sartinawati
Date Deposited: 30 Apr 2019 07:46
Last Modified: 30 Apr 2019 07:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7474

Actions (login required)

View Item View Item
TOP