Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Kelas XI di SMAN Unggul Harapan Persada Pada Materi Fluida Statis

Rosi Vera, 140204012 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Kelas XI di SMAN Unggul Harapan Persada Pada Materi Fluida Statis. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Skripsi - Rosi Vera.pdf]
Preview
Text
Skripsi - Rosi Vera.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D - ROSI VERA04242019.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D - ROSI VERA04242019.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh model pembelajaran POE (Predict Observe Explain) terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skill) peserta didik kelas XI pada materi Fluida Statis di SMAN Unggul Harapan Persada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran POE terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan desain Nonequivalent Control GroupDesign. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMAN Unggul Harapan Persada. Pengambilan sampel digunakan teknik non probability sampling dengan purposive sampling untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 yang berjumlah 27 orang (kelas eksperimen) dan kelas X1 IPA 2 yang berjumlah 29 orang (kelas kontrol). Pengumpulan data dilakukan melalui tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t satu pihak. Hasil analisis data diperoleh yaitu = 3,53> 2,398 sehingga hipotesis Ho ditolak dan hipotesis alternatif Ha diterima. Data penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan model POE lebih baik dibandingkan dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang tidak diajarkan dengan model POE. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran POE terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas XI pada materi Fluida Statis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dra. Ida Meutiawati, M.Pd Pembimbing II : Nurhayati, S.Si., M.Si
Uncontrolled Keywords: Model POE, kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS), Fluida statis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Rosi Vera
Date Deposited: 30 Apr 2019 07:23
Last Modified: 30 Apr 2019 07:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7488

Actions (login required)

View Item
View Item