Peningkatan Hasil Belajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV MIS Lamgugob Banda Aceh

Susanti, 140209004 (2019) Peningkatan Hasil Belajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV MIS Lamgugob Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas Hasil Belajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition pada Pembelajaran IPS)
Skripsi Full -Susanti.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Judul skripsi ini adalah "Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV MIS Lamgugob Banda Aceh”. Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukakan maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimanakah aktivitas guru dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition pada pembelajaran IPS kelas IV MIS Lamgugob Banda Aceh (2) Bagaimanakah aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition pada pembelajaran IPS kelas IV MIS Lamgugob Banda Aceh (3) Bagaimanakah hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integreted Reading and Composition pada pembelajaran IPS kelas IV MIS Lamgugob Banda Aceh. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVb MIS Lamgugob Banda Aceh yaitu sebanyak 29 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Observasi ini digunakan untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model CIRC. Tes yang diberikan berbentuk coss digunakan untuk melihat hasil belajar peserta didik. Data dianalisis dengan rumus persentase. Hasil penelitian yang diperoleh adalah aktivitas guru meningkat dari (59,16%) pada siklus I menjadi (90,6%) pada siklus II. Untuk aktivitas siswa meningkat dari (60%) pada siklus I menjadi (87,5%) pada siklus II. Dan hasil belajar siswa sebesar (53,84%) pada sikuls I dan meningkat menjadi (88,46%) pada siklus II. Dengan demikian melalui penerapan model Cooperative Integrated Reading and Composition dapat meningkat hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Mawardi, S.Ag., M.Pd. 2. Fakhrul Rijal, S.Pd.I., M.A.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Cooperative Integrated Reading and Composition, Pembelajaran IPS
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Susanti Santi
Date Deposited: 30 Apr 2019 08:30
Last Modified: 30 Apr 2019 08:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7499

Actions (login required)

View Item View Item
TOP