Gala Umong: Tradisi Gadai di Kecamatan Indarajaya Kabupaten Pidie (Kajian Tradisi Kebudayaan dan Usaha Solutif Terhadap Praktek Gadai yang Menyalahi Hukum Islam)

Usman Boini, 121309891 (2017) Gala Umong: Tradisi Gadai di Kecamatan Indarajaya Kabupaten Pidie (Kajian Tradisi Kebudayaan dan Usaha Solutif Terhadap Praktek Gadai yang Menyalahi Hukum Islam). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Gadai; Muamalat; Adat)
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Nama : Usman Boini
NIM : 121309891
Fakultas/Prodi : Syari’ah dan Hukum/ Hukum Ekonomi Syariah
Judul Skripsi : Gala Umong: tradisi gadai di kecamatan indarajaya kabupaten pidie ( Kajian Tradisi Kebudayaan dan Usaha Solutif Terhadap Praktek Gadai yang Menyalahi Hukum Islam)
Tanggal Sidang : 19 Juli 2017
Tebal Skripsi : 62 Halaman
Pembimbing I : Dr. Ridwan Nurdin, MCL
Pembimbing II : Gamal Achyar, Lc. MA

Praktik gadai (rahn) yang dilakukan oleh masyarakat Kecamatan Indra Jaya Kabupaten Pidie pada umumnya dipraktikkan dalam hal gadai sawah atau yang lebih dikenal oleh masyarakat setempat dengan istilah gala umong. Praktik gala umong (gadai sawah) yang dilakukan oleh masyarakat setempat secara umum hampir sama dengan praktik gala umong (gadai sawah) yang dipraktikkan oleh masyarakat Aceh pada umumnya yang mana sistem tersebut diadopsi secara turun temurun dari masyarakat terdahulu yang sudah menjadi hukum adat setempat, akan tetapi sistem praktik gala umong (gadai sawah) tersebut tidak sesuai dengan hukum Islam, dan hal ini tentu saja perlu dicari usaha solutif untuk mengubah pola praktik semacam ini supaya sesuai dengan hukum Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik gala umong (gadai sawah) di Kecamatan Indra Jaya Kabupaten Pidie dan usaha solutif yang dilakukan oleh masyarakat Kecamatan Indra jaya Kabupaten Pidie terhadap praktik gala umong (gadai sawah) yang menyalahi hukum Islam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan analisis dengan pendekatan kualitatif. Data yang diambil melalui library research dan field research, dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Dari hasil penelitian diketahui bahwa praktik gala umong (gadai sawah) yang dilakukan oleh masyarakat Kecamatan Indra Jaya Kabupaten Pidie dipraktikkan menurut hukum adat yang sudah ada sejak lama secara turun temurun meskipun hukum adat tersebut tidak dituangkan ke dalam qanun dan praktik gala umong (gadai sawah) tersebut tidak sesuai dengan konsep gadai (rahn) dalam hukum Islam karena mengandung unsur riba. Sedangkan untuk usaha solutif yang dilakukan oleh masyarakat Kecamatan Indra jaya Kabupaten Pidie terhadap praktik gala umong (gadai sawah) yang menyalahi hukum Islam adalah belum ada langkah yang nyata yang dilakukan oleh masyarakat setempat karena menurut masyarakat setempat sistem praktik gala umong (gadai sawah) tersebut sudah dipraktikkan sejak lama dan sudah menjadi hukum adat setempat sehingga sangat sulit untuk diubah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Ridwan Nurdin, MCL : 196607031993031003 2. Gamal Achyar, LC, MA
Uncontrolled Keywords: Mengenai gadai tanah
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.225 Rahm (Pegadaian)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Usman Boini Burhan
Date Deposited: 26 Sep 2017 05:27
Last Modified: 26 Sep 2017 05:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/750

Actions (login required)

View Item View Item
TOP