Pola Asuh Panti Asuhan dalam Membina Moral Anak Asuh (Studi Deskriptif di Panti Asuhan Nirmala)

Ainul Hayati Putri, 140402157 (2019) Pola Asuh Panti Asuhan dalam Membina Moral Anak Asuh (Studi Deskriptif di Panti Asuhan Nirmala). Skripsi thesis, UIN Ar-raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pola Asuh]
Preview
Text (Membahas tentang Pola Asuh)
SKRIPSI AINUL HAYATI PUTRI (140402157).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Pola Asuh] Text (Membahas tentang Pola Asuh)
FORM B DAN FORM D.docx - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Pola Asuh Panti Asuhan Dalam Membina Moral Anak Asuh (Studi Deskriptif di Panti Asuhan Nirmala). Pola asuh panti asuhan dalam membina moral anak asuh di panti asuhan Nirmala. Pengasuh merupakan orang yang memiliki kemampuan dan keahlian khusus untuk mendidik, membimbing, membina, mengarahkan, menilai, dan mengevaluasi anak asuhnya. Adapun fokus masalah dalam penelitian adalah ini bagaimana pola asuh panti asuhan dalam membina moral anak asuh, apa saja hambatan dalam pembinaan moral di panti asuhan Nirmala, dan bagaimana cara mengatasi hambatan yang terjadi di panti asuhan Nirmala. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh panti asuhan dalam membina moral anak asuh, untuk mengetahui hambatan yang dihadapi dalam pembinaan di panti asuhan Nirmala dan cara mengatasi hambatan yang terjadi dalam membina moral anak asuh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi non partisipan, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, informan berjumlah delapan informan, diantaranya ketua pengurus, satu pengasuh, dan enam anak asuh. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara khusus pengasuh serta pengurus telah berperan dalam proses memberikan pembinaannya melalui membimbing dan membina anak asuh dengan metode ceramah, nasehat serta reward and punishment. Hambatan yang dialami yaitu, anak asuh tidak mengikuti peraturan, pengasuh kesulitan menghadapi anak asuh yang berbeda sifatnya dan lama dalam beradaptasi dengan lingkungan panti. Cara mengatasi hambatan yang terjadi yaitu bersikap tegas dan sabar dalam menghadapi anak asuh kemudian memberikan konseling dengan cara menanamkan nilai keagamaan kepada anak asuh. Pada proses membina moral terdapat penanaman ajaran islam yang berpedoman pada Al-Qur’an dan Hadits dalam memberi pembinaan. Kemudian kepada peneliti selanjutnya agar melakukan kajian lebih mendalam lagi, terutama terhadap hal-hal yang belum pernah tersentuh dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Umar Latif, M.A 2. Rizka Heni, M. PD
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh, Moral, Anak Asuh
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 170 Ethics, Moral Philosophy (Etika dan Filsafat Moral)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ms Ainul Hayati Putri
Date Deposited: 23 Dec 2019 03:13
Last Modified: 23 Dec 2019 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7519

Actions (login required)

View Item
View Item