Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Ikatan Kimia Di SMA Negeri 1 Woyla Barat

Liza Andriani, 140208105 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Ikatan Kimia Di SMA Negeri 1 Woyla Barat. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar)
LIZA ANDRIANI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (22MB) | Preview
[img]
Preview
Text
from B from D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (704kB) | Preview

Abstract

Pemahaman peserta didik dalam menerima pembelajaran masih terbilang rendah yang menyebabkan peserta didik kurang aktif dan sulit dalam menjawab pertanyaan ketika proses pembelajaran berlangsung, hal ini dapat disebabkan karena guru lebih sering menggunakan metode ceramah, pembelajaran yang tidak sesuai dengan pengetahuan yang diperoleh peserta didik, menggunakan model yang kurang efektif, dan juga kegiatan pembelajaran lebih berpusat pada guru (teacher centered). Maka dari itu peneliti ingin menerapkan model pembelajaran tipe Course Review Horay (CRH) pada materi ikatan kimia di SMA Negeri 1 Woyla Barat. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimakah ketuntasan belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) pada materi ikatan kimia di kelas X1 SMA Negeri 1 Woyla Barat? Bagaimanakah aktivitas belajar peserta didik kelas X1 SMA Negeri 1 Woyla Barat selama kegiatan pembelajaran melalui penerapan model kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) pada materi ikatan kimia? Bagaimanakah respon peserta didik kelas X1 SMA Negeri 1 Woyla Barat terhadap penerapan model kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) pada materi ikatan kimia? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X1 SMA Negeri 1 Woyla Barat yang berjumlah 29 orang. Instrumen yang digunakan adalah instrumen soal test, LKPD, lembar observasi dan angket respon. Data hasil penelitian yang diperoleh adalah ketuntasan belajar dikategorikan baik, sedangkan perolehan data aktivitas peserta didik dikategorikan baik sekali. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) mencapai ketuntasan sebesar 72,41%, hasil persentase respon peserta didik dalam penerapan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) adalah 91,27%, hal tersebut mengidentifikasi pesera didik tertarik belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Mukhlis, M. Si 2. Haris Munandar, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Course Review Horay (CRH), Hasil Belajar, Aktivitas Peserta Didik, Respon Peserta Didik, Ikatan Kimia.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Liza Andriani
Date Deposited: 24 Jun 2019 03:17
Last Modified: 24 Jun 2019 03:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7536

Actions (login required)

View Item View Item
TOP