Proses Penyaluran Zakat Produktif untuk Pelatihan Life Skill di Baitul Mal Aceh

Muthmainnah, 041300778 (2016) Proses Penyaluran Zakat Produktif untuk Pelatihan Life Skill di Baitul Mal Aceh. KKU thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text
Full LKP.pdf

Download (999kB) | Preview

Abstract

Qanun Aceh Nomor 10 Tahun 2007 menetapkan bahwa Baitul Mal adalah sebuah lembaga daerah non struktural yang memiliki kewenangan untuk mengelola dan mengembangkan zakat, waqaf dan harta agama dengan tujuan untuk kemaslahatan umat serta menjadi wali/wali pengawasan terhadap anak yatim piatu dan/atau pengelola harta warisan yang tidak memiliki wali berdasarkan syariat Islam. Lembaga ini memiliki empat tingkatan, tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota, Kemukiman dan Gampong. Pelatihan life skill merupakan upaya untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan, kemampuan komunikasi secara efektif serta memiliki kesiapan untuk bekerja dan beretika agar di manfaatkan dalam dunia kerja nyata. Pelatihan life skill yang dijalankan Baitul Mal Aceh adalah pelatihan yang pengalokasian dananya dari senif Ibnu sabil dan termasuk zakat produktif bertujuan untuk mengurangi tingkat pengangguran di Aceh terutama di wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar. Dengan pelatihan ini peserta akan memperoleh skill dan ilmu tanpa batasan kepada mereka agar dimanfaatkan dalam kehidupannya. Pelaksanaan program pelatihan life skill harus disetujui terlebih dahulu oleh Dewan Pertimbangan Syariah yang tertuang dalam surat keputusan. Adapun program pelatihan life skill antara lain : pelatihan komputer, pelatihan babysitter dan anak berkebutuhan khusus. Pada proses pelatihan yang dijalankan, Baitul Mal Aceh bekerja sama dengan pihak ke tiga agar dapat mempermudah dalam proses kegiatan yang dilakukan. Baitul Mal Aceh menetapkan kriteria yang harus dipenuhi oleh pihak ke tiga dalam menjalankan MOU kegiatan pelatihan. Jangka waktu yang dibutuhkan dalam program pelatihan life skill yaitu selama 1 bulan atau kurang lebih dari 30 hari. Apabila peserta yang mengikuti pelatihan tidak memenuhi kehadiran seperti yang diharapkan, maka pihak ketiga akan memberikan penambahan narasumber yang mempunyai kualitas kinerja yang baik, serta penambahan peralatan pelatihan yang dibutuhkan lainnya, dengan tujuan agar dana yang telah tersalurkan dipergunakan dengan semaksimal mungkin tanpa adanya unsur dana yang tidak terpakai.

Item Type: Thesis (KKU)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Zaki Fuad Chalil, M.Ag, NIP.196403141992031003. 2. Nevi Hasnita, S.Ag.,M.Ag, NIP.197711052006042003.
Uncontrolled Keywords: Zakat Produktif; Life Skill; Baitul Mal Aceh
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.1 Ibadah > 2X4.143 Zakat Pendapatan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > D3 Perbankan Syariah
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2017 10:34
Last Modified: 17 Jul 2017 10:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/76

Actions (login required)

View Item View Item
TOP