Penerapan PAKEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas V MIN Piyeung Aceh Besar

Nurul Vatia, 201223361 (2017) Penerapan PAKEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas V MIN Piyeung Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Pendidikan; Metode;)
Nurul Vatia.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (738kB) | Preview

Abstract

Guru harus pandai memilih dan menerapkan pembelajaran yang bervariasi yang sesuai dengan karakteristik siswa dan karakteristik pembelajaran IPA di MI. Salah satu penerapan yang bisa diterapkan adalah penerapan PAKEM. Penelitian ini dilakukan di MIN Piyeung Aceh Besar dengan temuan masalah yang menunjukkan bahwa pembelajaran IPA selama ini kurang diminati siswa, akibatnya suasana kelas cenderung pasif, dan tidak menyenangkan serta hasil belajar tidak tuntas. Penelitian ini dilakukan dengan rumusan masalah, (1) Bagaimanakah aktivitas guru dan siswa dengan penerapan PAKEM pada pembelajaran IPA di kelas V MIN Piyeung Aceh Besar, (2) Bagaimanakah respon belajar siswa dengan penerapan PAKEM pada pembelajaran IPA di kelas V MIN Piyeung Aceh Besar, dan (3) Bagaimanakah hasil belajar siswa dengan penerapan PAKEM pada pembelajaran IPA di kelas V MIN Piyeung Aceh Besar.Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dengan penerapan PAKEM pada pembelajaran IPA di kelas V MIN Piyeung Aceh Besar, (2) Untuk mengetahui respon belajar siswa dengan penerapan PAKEM pada pembelajaran IPA di kelas V MIN Piyeung Aceh Besar, dan (3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan penerapan PAKEM pada pembelajaran IPA di kelas V MIN Piyeung Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan (1) Lembar observasi aktivitas guru dan siswa, (2) Angket respon belajar siswa, dan (3) Tes. Kemudian data ini dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) Aktivitas siswa meningkat dari 54% pada siklus pertama menjadi 70% pada silus ke dua dan mengalami peningkatan 96% pada siklus ke tiga, sedangkan aktivitas guru 61% pada siklus pertama mengalami peningkatan 74% Pada siklus ke dua dan mengalami peningkatan 92% pada siklus ke tiga. (2) Hasil lembar angket siswa adalah 98%. (3) Hasil tes secara klasikal meningkat dari 42% pada siklus pertama menjadi 65% pada siklus ke dua dan mengalami peningkatan 84% pada siklus ke tiga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Masbur, M.Ag : 197402052009011004 2. Fakhrul Rijal, MA
Uncontrolled Keywords: Pendidikan; Metode; Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurul Vatia Tarzani
Date Deposited: 26 Sep 2017 09:37
Last Modified: 23 Apr 2018 05:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/762

Actions (login required)

View Item View Item
TOP