Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa

Risma Roziah, 140205121 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text
form b d.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RISMA FULL SKRIPSI (Recovered 1).pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Nama : Risma Roziah
NIM : 140205121
Fakultas/ Prodi : Tarbiyah dan Keguruan/ Pendidikan Matematika
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa
Tanggal Sidang : 14 Januari 2019
Tebal Skripsi : 231 halaman
Pembimbing I : Drs. H. M. Yacoeb, M.Pd
Pembimbing II : Kamarullah, S.Ag., M.Pd
Kata Kunci : Model Pembelajaran Quantum Teaching, Representasi Matematis

Representasi Matematis merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki siswa dalam proses pembelajaran matematika, hal ini karena kemampuan representasi matematis diperlukan siswa untuk menemukan dan mengkomunikasikan gagasan matematis dari yang sifatnya abstrak menuju konkret, sehingg lebih mudah dipahami. Kenyataannya, kemampuan representasi matematis siswa masih tergolong rendah, sehingga dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Salah satu model pembelajaran yang diduga dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa adalah model pembelajaran quantum teaching. Model quantum teaching adalah model pembelajaran yang meriah dan menyenangkan. Model ini didasarkan pada interaksi yang dialami oleh siswa itu sendiri dalam momen lingkungan belajar mereka. Model quantum teaching memiliki enam tahapan yang dikenal dengan singkatan TANDUR. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang diterapkan dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching lebih baik dari pada peningkatan kemampuan representasi matematis siswa menggunakan pembelajaran konvensional. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dengan jenis quasi eksperimen dengan pretest-posttest equivalent design. Pengambilan populasi dilakukan dengan simple random sampling, dengan populasi seluruh siswa kelas VIII MTsN 2 Aceh Besar. Pada penelitian ini sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu siswa kelas VIII3 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII4 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan representasi matematis. Berdasarkan uji-t hipotesis diperoleh t_hitung=2,21 dan t_tabel=1,67 berakibat t_hitung>t_tabel yaitu 2,21>1,67 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peningkatkan kemampuan representasi matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching lebih baik dari pada peningkatkan kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : 1. Drs. H. M. Yacoeb, M.Pd 2. Kamarullah, S.Ag., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Quantum Teaching, Representasi Matematis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: ms Risma Roziah
Date Deposited: 26 Jun 2019 07:49
Last Modified: 26 Jun 2019 07:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7664

Actions (login required)

View Item View Item
TOP