Peningkatan Motivasi Hasil Belajar Siswa Kelas V Melalui Penerapan Model Inkuiri MIN 21 Aceh Besar

Nursetiana, 140209015 (2019) Peningkatan Motivasi Hasil Belajar Siswa Kelas V Melalui Penerapan Model Inkuiri MIN 21 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa)
NURSETIANA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (813kB) | Preview

Abstract

Dasil hasil observasi peneliti pada sekolah MIN 21 Aceh Besar kelas V pada saat proses belajar mengajar yang berlangsung, diketahui bahwa siswa menerapkan model pembelajaran inkuiri yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Dengan model pembelajaran inkuiri siswa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran, siswa berperan aktif secara fisik dan mental dalam kegiatan pembelajaran. Adapun tujuan pembelajaran ini adalah Untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri pada tema 5 di kelas V MIN 21 Aceh Besar dan Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model inkuiri pada tema 5 di kelas V MIN 21 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jenis quasi eksperimen dengan rancangan pre-test post-test control grup design. Untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan instrumen angket dan soal test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar siswa melalui model inkuiri dengan ditandai indikator minat cara mengajar guru: 60 dengan kategori sedang, kepercayaan diri siswa: 65 kategori sedang dan minat belajar siswa: 67 kategori tinggi dan hasil belajar siswa dapat meningkat melalui penerapan inkuiri di mana thitung > ttabel (24,8 > 1,671).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1.Misbahul Jannah, M. Pd., Ph. D 2.Fajriah, MA
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Hasil Belajar dan Inkuiri
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nursetiana Nur
Date Deposited: 23 Dec 2019 06:25
Last Modified: 23 Dec 2019 06:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7702

Actions (login required)

View Item View Item
TOP