Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Fiqih di MTsN 1 Nagan Raya

Rahmat Efendi, 140201058 (2019) Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Fiqih di MTsN 1 Nagan Raya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penggunaa Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Fiqih di MTsN 1 Nagan Raya.pdf]
Preview
Text
Penggunaa Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Fiqih di MTsN 1 Nagan Raya.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang mampu mengkondisikan peserta didik untuk mempunyai motivasi dan semangat belajar, salah satunya kewajiban pendidik adalah dengan memanfaatkan media dalam kegiatan pembelajaran. Diantara media yang dimaksud adalah media audio visual. Akan tetapi pada kenyataannya sistem pembelajaran di MTsN 1 Nagan Raya bahwa guru masih minim menggunakan media audio visual terhadap materi pembelajaran Fiqih. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Media Audio Visual pada mata pelajaran Fikih di kelas VIII.D di MTsN Nagan Raya ? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di MTsN 1 Nagan Raya sesudah menggunakan media audio visual ? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes, Objek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.D MTsN 1 Nagan Raya yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap yaitu tahap siklus I dan siklus II. Pada tahap siklus I hasil observasi aktifitas siswa mempunyai persentase 65% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 19% dan sudah sangat efektif yaitu sebesar 84%. Sedangkan untuk hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata tes akhir 78,7 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 70%. Setelah diadakan refleksi pelaksanaan tindakan, pada siklus II rata-rata tes akhir meningkat yaitu 85,8 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 93%. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan hasil belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran Fiqih melalui penggunaan media audio-visual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Huwaida, M.Ag 2. Saifullah Maysa, S.Ag.,M.A
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Media Audio Visual, Meningkatkan Hasil Belajar, Pelajaran Fiqih
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 207 Misi dan Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 140201058 BANG PEN
Date Deposited: 07 May 2019 04:40
Last Modified: 07 May 2019 04:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7717

Actions (login required)

View Item
View Item