Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning (GDL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa SMPN I Bandar Baru

Yuni Maya, 140205073 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning (GDL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa SMPN I Bandar Baru. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas Tentang Hasil Belajar Dengan Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning)
YUNI MAYA .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview
[img]
Preview
Text
form B dan from D.pdf

Download (929kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar matematika siswa di Indonesia masih tergolong rendah, baik ditingkat nasional maupun internasinal. Hal ini disebabkan karena dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan pendekatan teacher-centered. Sehingga siswa tidak optimal dalam mengembangkan pengetahuannya. Oleh karena itu, salah satu model pembelajaran yang dapat mengamati hal tersebut perlu diupayakan suatu bentuk pembelajaran yang mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa adalah dengan salah satu model pembelajaran Guided Discovery Learning. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model Guided Discovery Learning dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional, (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Guided Discovery Learning dan (3) Untuk mengetahui respon siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Guided Discovery Learning pada siswa SMPN I Bandar Baru. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis Quasi Eksperimen dengan jenis desain control group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN I Bandar Baru dan sampel diambil secara Random yaitu kelas VIII3 sebagai kelas eksperimen dan VIII6 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar, dan angket respon siswa. Analisis data hasil belajar siswa digunakan uji-t dan N-gain sedangkan analisis terhadap data respon siswa dilakukan melalui analisis kriteria skor rata-rata. Dari hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Guided Discovery Learning lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional, Model pembelajaran Guided Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan respon siswa terhadap model pembelajaran Guided Discovery Learning sangat positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Drs. Lukman Ibrahim, M.Pd 2. Khusnul Safrina, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Guided Discovery Learning (GDL), Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: YUNI MAYA
Date Deposited: 08 May 2019 02:40
Last Modified: 08 May 2019 02:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7728

Actions (login required)

View Item View Item
TOP