Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Mata Pelajaran IPS Kelas V MIN 3 Aceh Besar

Elsa Welmanora, 140209083 (2019) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Mata Pelajaran IPS Kelas V MIN 3 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran Role Playing]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran Role Playing)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (865kB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran Role Playing]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran Role Playing)
Elsa Welmanora.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan memilih model pembelajaran yang sesuai dan menarik perhatian siswa. Siswa akan merasa jenuh dalam menerima sebuah materi apabila hanya memperhatikan penjelasan dari guru tanpa adanya sebuah model pembelajaran. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Role Playing yaitu bermain peran yang dapat dirancang oleh guru agar siswa dapat memainkan peran yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut penulis melakukan penelitian ini dengan judul “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Mata Pelajaran IPS Kelas V MIN 3 Aceh Besar”. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Data diperoleh dari observasi dan post test (LKPD). Adapun prosedur pengumpulan data adalah melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan post test. Sedangkan teknik analisis data, peneliti menggunakan nilai rata-rata sesuai dengan kriteria keberhasilan yang telah ditentukan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Hasil penelitian dari lembar observasi guru pada siklus I (3.30) dengan kategori (baik), sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu (3,54) dengan kategori (baik sekali). Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I (3,04) dengan kategori (baik), sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu (3,83) dengan kategori (baik sekali). Hasil belajar siswa pada siklus I jumlah nilai diperoleh sebanyak 6,43 dengan jumlah 12 orang siswa yang tuntas dan 16 orang siswa yang tidak tuntas. Sedangkan pada siklus II jumlah nilai sudah mengalami peningkatan menjadi 8,53 dengan jumlah 26 orang siswa yang tuntas dan 4 orang siswa yang tidak tuntas. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan melakukan penerapan model pembelajaran Role Playing mata pelajaran IPS kelas V MIN 3 Aceh Besar menjadi lebih aktif, kreatif dan termotivasi dalam belajar, aktivitas guru menjadi lebih terarah dan meningkat serta hasil belajar siswa juga semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Azhar, M.Pd 2. Sri Mutia, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Role Playing, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Elsa Welmanora
Date Deposited: 09 May 2019 04:24
Last Modified: 09 May 2019 04:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7739

Actions (login required)

View Item
View Item