Penerapan Model-Eliciting Activities (MEAs) dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 3 Ingin Jaya

Windi Perkasa Ed, 140205150 (2019) Penerapan Model-Eliciting Activities (MEAs) dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 3 Ingin Jaya. Skripsi thesis, Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan pembelajaran Model-Eliciting Activities dan kemampuan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa SMP Negeri 3 Ingin Jaya)
windi skripsii.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh siswa untuk dapat menyelesaikan berbagai permasalahan, baik permasalahan matematika maupun permasalahan yang terkait dalam kehidupan. Namun pada kenyataannya, kemampuan pemecahan masalah matematika masih tergolong rendah. Salah satu penyebabnya yaitu pembelajaran yang kurang mengoptimalkan berkembangnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, diterapkan pembelajaran dengan Model-Eliciting Activities. Model-Eliciting Activities dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah melalui menyelesaikan masalah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan pembelajaran Model-Eliciting Activities dan kemampuan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa SMP Negeri 3 Ingin Jaya. Metode penelitian yang digunakan adalah quasieksperiment dengan desain pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Ingin Jaya dan sampelnya kelas VIII3 dan kelas VIII4 yang diambil dengan teknik Random Sampling, yaitu teknik pengambilan sampel sumber pengambilan sampel sebanyak dua kelas secara acak. Dari dua kelas tersebut akan dijadikan kelas eksperimen dan kelas control karena sifat kelas tersebut bersifat homogen. .Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan uji-t hipotesis, maka diperoleh thitung = 3,908 dan t(tabel) = 1,675 atau thitung > t(tabel) sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan Model-Eliciting Activities lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada materi sistem persamaan linear dua variabel SMP Negeri 3 Ingin Jaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Windi Perkasa Ed
Date Deposited: 23 Dec 2019 07:31
Last Modified: 23 Dec 2019 07:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7744

Actions (login required)

View Item View Item
TOP