Analisis Kemampuan Representasi Siswa Dengan Menggunakan Model CTL Pada Materi Usaha Di Kelas X SMAN 2 Suka Mulia

Beti Surya Ningsih, 140204034 (2019) Analisis Kemampuan Representasi Siswa Dengan Menggunakan Model CTL Pada Materi Usaha Di Kelas X SMAN 2 Suka Mulia. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis  Kemampuan Representasi Siswa Dengan Menggunakan Model CTL]
Preview
Text (Analisis Kemampuan Representasi Siswa Dengan Menggunakan Model CTL)
PDF BETI SURYA NINGSIH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of FORM B DAN FORM D BETI SURYA NINGSIH.pdf]
Preview
Text
FORM B DAN FORM D BETI SURYA NINGSIH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (628kB) | Preview

Abstract

Siswa sulit memahami materi karena guru kurang kreatif dalam menerapkan model pembelajaran sehingga membuat siswa menjadi ambigu dan sulit menerima pembelajaran. Untuk mengatasi keambiguan siswa maka seorang guru harus memilih model yang tepat dalam melakukan proses pembelajaran. Adapun rumusan masalah yang terdapat dipenelitian ini adalah bagaimanakah analisis kemampuan representasi siswa dengan menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) pada materi usaha di kelas X SMA Negeri 2 suka mulia, darul makmur. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan representasi siswa dengan menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) pada materi usaha di kelas X SMA Negeri 2 suka mulia, darul makmur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen yang dilakukan di SMA Negeri 2 suka mulia, darul makmur yang melibatkan kelas X Mia1 dan X Mia2, yaitu X Mia1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 25 siswa dan kelas X Mia2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal tes dalam bentuk pilihan ganda. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian dari uji statistik menunjukkan bahwa setelah menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) didapat tabel hitung tt  yaitu (5,05 > 1,68) pada taraf signifikan 95% yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu siswa mampu merepresentasikan dengan menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) pada materi usaha di kelas X SMA Negeri 2 suka mulia, darul makmur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Eng Nur Aida, S.Si., M.Si 2. Juniar Afrida, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning(CTL), Kemampuan Representasi Siswa, Usaha.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Beti Surya Ningsih
Date Deposited: 13 May 2019 04:21
Last Modified: 13 May 2019 04:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7792

Actions (login required)

View Item
View Item