Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis pada Siswa Kelas IV MIN 26 Aceh Besar

Ridha Indriana, 140209154 (2019) Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis pada Siswa Kelas IV MIN 26 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pendekatan Contextual Teaching and Learning]
Preview
Text (Membahas tentang Pendekatan Contextual Teaching and Learning)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D -  Ridha Indriana.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D - Ridha Indriana.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis memiliki peranan yang sangat besar dalam kehidupan. Dalam kegiatan menulis ini, siswa dituntut aktif dalam menuangkan ide yang ada di pikirannya. Namun kenyataannya, masih banyak siswa yang kesulitan dalam menuangkan ide yang ada dalam pemikirannya dan siswa terlihat kurang aktif dalam pembelajaran sehingga diharapkan dengan penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas IV MIN 26 Aceh Besar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia, serta keterampilan menulis siswa di kelas IV MIN 26 Aceh Besar dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia, serta keterampilan menulis siswa dengan penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di kelas IV MIN 26 Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IVB MIN 26 Aceh Besar yang berjumlah 23 orang dengan KKM individual 67 dan klasikal 80%. Instrument pengumpulan data dengan menggunakan: lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta soal evaluasi. Kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kemampuan guru selama proses pembelajaran, yaitu pada siklus I masih berada kategori cukup yaitu 75%, dan pada siklus II sudah mencapai kategori sangat baik yaitu 94%. Serta aktivitas siswa selama proses pembelajaran, yaitu pada siklus I masih berada pada kategori cukup yaitu 71%, dan pada siklus II sudah mencapai kategori sangat baik yaitu 91%. Keterampilan menulis siswa mengalami peningkatan, pada siklus I hanya 13 siswa yang tuntas dengan nilai 59% dan tidak tuntas 9 siswa dengan nilai 41%. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan, 20 siswa mengalami ketuntasan dengan nilai 87% dan tidak tuntas 3 siswa 13%. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatakan keterampilan menulis siswa kelas IV MIN 26 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dra. Tasnim Idris, M. Ag 2. Nida Jarmita, S. Pd. I., M. Pd
Uncontrolled Keywords: Pendekatan, Contextual Teaching and Learning, Keterampilan Menulis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ridha Indriana Ridha
Date Deposited: 23 Dec 2019 07:49
Last Modified: 23 Dec 2019 07:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7832

Actions (login required)

View Item
View Item