Interaksi Antar Umat Beragama (Studi Kasus Islam-Kristen di Kecamatan Sukakarya Kota Sabang)

Akbar Hashemi, 321203206 (2017) Interaksi Antar Umat Beragama (Studi Kasus Islam-Kristen di Kecamatan Sukakarya Kota Sabang). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Perbandingan; Umat Beragama)
Gabung.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

INTERAKSI ANTAR UMAT BERAGAMA
(Studi Kasus Islam-Kristen di Kecamatan Sukakarya Kota Sabang)

Nama : Akbar Hashemi
NIM : 321203206
Tebal skripsi : 61 hlm.
Pembimbing I : Drs. Taslim H. M. Yasin, M.Si
Pembimbing II : Suarni, MA

ABSTRAK
Masyarakat Kecamatan Sukakarya merupakan masyarakat yang majemuk terutama dibidang agama. Ada lima agama resmi yang hidup berdampingan dan sampai sekarang belum pernah terjadi konflik antar pemeluk agama tersebut. Sebagaimana diketahui bahwa dalam masyarakat yang majemuk sangat rentan terjadi konflik terutama konflik antar pemeluk agama karena pola interaksi yang terbangun mengarah pada proses disosiatif. Namun tidak halnya dengan masyarakat Sukakarya, mereka hidup rukun dan harmonis. Karena pola interaksi yang terbangun pada Masyarakat Sukakarya mengarah pada prose asosiatif. Sehingga fenomena tersebut menjadi menarik untuk dikaji lebih dalam guna kepentingan akademik. Dalam penelitian ini penulis mengkaji mengenai bentuk-bentuk interaksi sosial antara komunitas Muslim dan Kristen di Kecamatan Sukakarya dan faktor yang mempengaruhi terjadinya interaksi sosial. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui obsevasi, wawancara mendalam dan dokumentasi, dengan metode analisis data bersifat deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk interkasi sosial antar Muslim dan Kristen di Kecamatan Sukakarya mengarah pada proses yang asosiatif, dimana didapati adanya pola hubungaan membaur antar masyarakatnya, yang ditandai adanya kerjasama, akomodasi dan asimilasi pada pola interkasi masyarakatnya.meskipun demikian, juga didapati adanya potensi yang mengarah pada bentuk interaksi yang disosiatif seperti ketegangan dan konflik namun dapat ditutupi dengan adanya peran pemerintah gampong dan kota dalam membina hungan antar pemeluk agama yang rukun dan harmonis. Lebih lanjut, diketahui bahwa faktor terjadinya interaksi sosial antar Muslim dan Kristen yaitu adanya gotong royong, ikatan kekeluargaan dan saling menghormati dan menghargai antar umat beragama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. H. Taslim H.M Yassin : 1960120619877031004 2. Suwarni, MA : 19730323007012020
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Ilmu Perbandingan Agama
Depositing User: Akbar Hashemi Usman
Date Deposited: 20 Sep 2017 08:30
Last Modified: 20 Sep 2017 08:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/787

Actions (login required)

View Item View Item
TOP