Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Audiovisual dan Gaya Kognitif terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Larutan Non Elektrolit di MAN 1 Aceh Barat Daya

Nushrah Mufti Elia, 140208005 (2019) Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Audiovisual dan Gaya Kognitif terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Larutan Non Elektrolit di MAN 1 Aceh Barat Daya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Media Pembelajaran Audiovisual dan Gaya Kognitif terhadap Hasil Belajar Siswa)
Nushrah Mufti Elia.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pengaruh Media Pembelajaran Audiovisual dan Gaya Kognitif terhadap Hasil Belajar Siswa)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (701kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran kurang memberikan hasil yang maksimal, dikarenakan kurangnya penggunaan media pembelajaran dan gaya kognitif siswa. Belajar kimia sarat dengan konsep yang abstrak salah satunya pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit, tidak mudah bagi siswa untuk mempelajarinya, sehingga hasil belajar menjadi tidak optimal. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik melakukan penelitian tentang pengaruh media audiovisual dan gaya kognitif serta hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis audiovisual dan gaya kognitif terhadap hasil belajar siswa, dan mengetahui hasil belajar siswa dengan gaya kognitif dependent dan gaya kognitif independent jika dibelajarkan dengan media berbasis audiovisual. Jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian One-Shot Case Study. Sampel yang diambil adalah kelas X MIA 2 berjumlah 40 orang dengan metode purposive sampling. Instrumen yang diambil adalah soal post test hasil belajar serta analisis data menggunakan uji t. Hasil uji One-Way Anova diperoleh 0,015 < 0,05 maka, H0 ditolak. Hasil penelitian dengan menggunakan uji independent t test diperoleh nilai signifikan 0,023 < 0,05 maka, H0 ditolak. Disimpulkan terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis audiovisual dan gaya kognitif terhadap hasil belajar siswa serta hasil belajar siswa dengan gaya kognitif field independent lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent dengan menerapkan media pembelajaran berbasis audiovisual pada materi larutan elektrolit dan larutan nonelektrolit di MAN 1 Aceh Barat Daya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Nuralam, M. Pd 2. Safrijal, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Media Audiovisual, Gaya Kognitif, Larutan Elektrolit dan Larutan Non Elektrolit
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Nushrah Mufti Elia Nushrah
Date Deposited: 15 May 2019 03:55
Last Modified: 15 May 2019 03:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7872

Actions (login required)

View Item View Item
TOP