Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 8 Banda Aceh

Syukriah, 140201032 (2019) Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 8 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam]
Preview
Text (Membahas tentang Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam)
Syukriah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam]
Preview
Text (Membahas tentang Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (387kB) | Preview

Abstract

Efektivitas pembelajaran adalah suatu ukuran keberhasilan dari proses interaksi dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dilihat dari aktivitas selama pembelajaran, respon dan penguasaan konsep. Berdasarkan pengamatan yang dilaksanakan pada SMA Negeri 8 Banda Aceh, bahwa proses pembelajaran pendidikan agama Islam masih belum tercapai titik efektivitas. Hal ini terlihat dari kasus-kasus seperti: Masih ada siswa yang keluar masuk pada waktu pembelajaran dimulai, ada sebagian siswa yang enggan menghafal bacaan ayat pendek yang diperintahkan oleh guru, masih banyak siswa yang tidak membawa buku pelajaran agama Islam ketika belajar. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut maka yang menjadi tujuan penelitian adalah untuk mengetahui proses pembelajaran pendidikan agama Islam, respon dan minat siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, dan untuk mengetahui hasil belajar pendidikan agama Islam siswa SMA Negeri 8 Banda Aceh. Dalam penulisan skripsi ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, angket dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian yang didapatkan adalah hasil pengamatan proses pembelajaran dilihat dari aktivitas guru dan siswa, bahwa aktivitas guru yang mengajar di kelas X IPA 3 mencapai 73% tergolong dalam kategori cukup baik, dan aktivitas guru yang mengajar di kelas XI IPS 1 mencapai 80% dan dikategorikan baik, sedangkan aktivitas siswa pada kelas X IPA 3 tersebut mencapai 80% dan dikategorikan baik, dan aktivitas siswa pada kelas XI IPS 1 mencapai 65% dikategorikan kurang baik. Jadi jika dilihat secara keseluruhan proses pembelajaran tersebut tergolong ke dalam kategori cukup baik dengan nilai 74,5%. Hasil jawaban angket kedua kelas tersebut menyatakan bahwa siswa kelas X IPA 3 lebih berminat belajar pendidikan agama Islam dari pada kelas XI IPS 1. Hasil belajar pendidikan agama Islam siswa kelas X IPA 3 yang tuntas mencapai 96%, dan kelas XI IPS 1 mencapai 86%. Berdasarkan hasil penelitian dilihat dari keseluruhannya bahwa pembelajaran pada kelas X IPA 3 dikategorikan baik dengan nilai mencapai 86%, dan pada kelas XI IPS 1 mencapai 79,25% dikategorikan cukup baik. Dengan demikian, persentase pembelajaran pendidikan agama Islam kedua kelas tersebut dikategorikan baik dengan niai mencapai 82,625%. Sehingga pembelajaran pendidikan agama Islam pada SMA Negeri 8 Banda Aceh tersebut dinyatakan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Muzakir, M. Ag 2. Realita, S. Ag, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syukriah Syukriah
Date Deposited: 17 May 2019 01:26
Last Modified: 27 May 2019 06:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7907

Actions (login required)

View Item
View Item