Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi Manusia di SMA Negeri 1 Aceh Barat Daya Menggunakan Model Project Based Learning dengan Media Tiga Dimensi

Lisa Amalia, 140207020 (2019) Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi Manusia di SMA Negeri 1 Aceh Barat Daya Menggunakan Model Project Based Learning dengan Media Tiga Dimensi. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Sistem Ekresi Manusia]
Preview
Text (Membahas tentang Sistem Ekresi Manusia)
Lisa Amalia.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengaktualisasikan dirinya perlu dilakukan dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang dirancang harus memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses mental dan fisik melalui interaksi antar peserta didik, peserta didik dengan guru, lingkungan dan sumber belajar lainnya. Apabila pengalaman belajar tidak didapatkan oleh siswa maka akan berdampak buruk pada pemahaman materi pembelajarannya sehingga membuat hasil belajar siswa tidak maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitas dan hasil belajar siswa menggunakan model Project Based Learning dengan media tiga dimensi pada materi sistem ekskresi manusia di kelas XI MIPA 4 di SMA Negeri 1 Aceh Barat Daya. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pre-experiment. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Aceh Barat Daya, yang terdiri dari 5 kelas dan sampel yang digunakan yaitu siswa kelas XI MIPA 4 sebanyak 31 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar penilaian produk, soal tes dan lembar angket. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata persentase kreativitas kelompok siswa dalam pembelajaran yaitu 84% dengan kriteria sangat kreatif dan respon siswa dikatagorikan sangat baik dengan total rata-rata persentase 85%. Berdasarkan uji-t diproleh thitung= 13 dan ttabel= 1,72 dengan derajat bebas (db) yaitu 20 pada taraf signifikan α = 0,05. Maka dari hasil perhitungan tersebut menunjukkan thitung lebih besar dari ttabel (thitung 13 ≥ ttabel =
1,72) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian hipotesis dalam peneitian ini diterima yaitu penggunaan model Project Based Learning dengan
media tiga dimensi pada materi sistem ekskresi manusia berpengaruh terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Aceh Barat Daya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Anton Widyanto, M.Ag., Ed.S; 2. Eva Nauli Taib, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Project Based Learning, Sistem Ekskresi Manusia, Media Tiga Dimensi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Lisa Amalia Lisa
Date Deposited: 16 May 2019 07:56
Last Modified: 16 May 2019 07:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7916

Actions (login required)

View Item
View Item