Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas IV MIN 21 Aceh Besar

Riza Balqis, 140209060 (2019) Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas IV MIN 21 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar)
RIZA BALQIIS UPLOAD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Form B dan Form D - Riza Balqis.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi sebelumnya diketahui bahwa siswa kelas IV MIN 21 Aceh Besar, selama ini siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran yang disampaikan guru dikarenakan pembelajaran masih terpusat pada guru sehingga siswa tidak tertarik atau tidak memperhatikan ketika guru menjelaskan yang menyebabkan kurangnya komunikasi antara guru dan siswa, dan antara siswa dengan siswa lainnya cenderung pasif. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan suatu upaya untuk mendorong peserta didik terlibat langsung melakukan karyanya sekaligus memecahkan masalah dalam pembelajaran. Salah satunya dengan menerapkan model Project Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui aktivitas guru dengan menggunakan model Project Based Learning di kelas IV MIN 21 Aceh Besar, 2) untuk mengetahui aktivitas siswa dengan menggunakan model Project Based Learning di kelas IV MIN 21 Aceh Besar, 3) untuk mengetahui kreativitas belajar siswa dengan menggunakan model Project Based Learning di kelas IV MIN 21 Aceh Besar. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVa MIN 21 Aceh Besar tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 23 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar observasi kreativitas siswa. Kemudian data ini dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh aktivitas guru pada siklus I skor rata-rata 71.76% dengan kategori baik dan meningkat pada siklus II skor 94.11% dengan kategori baik sekali. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I skor 70% dengan kategori baik, dan meningkat pada siklus II memperoleh skor 92.5% dengan kategori baik sekali. Dari pengelolahan tingkat kreativitas siswa pada siklus I skor 65.21% dengan kategori cukup kreatif dan meningkat pada siklus II memperoleh 86.96% dengan kategori kreatif. Dengan demikian model Project Based Learning dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa di kelas IV MIN 21 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Saifullah, M. Ag. 2. Darmiah, MA
Uncontrolled Keywords: Model Project Based Learning dan Kreativitas Belajar Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Riza Balqis
Date Deposited: 16 May 2019 08:14
Last Modified: 16 May 2019 08:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7923

Actions (login required)

View Item View Item
TOP