Eksintensi Dayah Tgk.H.Ahmad Ibnu Umar Sebagai Pusat Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Siswa di Desa Lampupok Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar

Siti Nurul Hikmah, 140201098 (2019) Eksintensi Dayah Tgk.H.Ahmad Ibnu Umar Sebagai Pusat Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Siswa di Desa Lampupok Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kata kunci : Dayah; Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam

Menuntut ilmu agama adalah kewajiban bagi setiap umat muslim, dari anak-anak sampai orang tua. Muslim di Aceh umumnya belajar pendidikan agama di Meunasah, balai-balai pengajian, hingga ke jenjang yang lebih tinggi yaitu dayah dan universitas. Fenomena yang terjadi di desa Lampupok, Indrapuri, Aceh Besar ialah dimana pendidikan agama hanya diminati oleh kalangan anak-anak, sedangkan remaja dan dewasa tidak ikut belajar. Namun, setelah berdirinya Dayah Tgk.H. Ahmad Ibnu Umar di desa tersebut, minat belajar agama remaja dan dewasa tumbuh dan mereka mulai belajar di dayah tersebut, bahkan menariknya kebanyakan alumni dayah tersebut tidak lagi tertarik untuk belajar pendidikan umum, padahal pendidikan umum tidak kalah penting di zaman modern sekarang. Dan yang menjadi masalahnya ialah para alumni dayah tersebut lebih memilih melanjutkan pendidikan ke dayah-dayah yang lebih besar ketimbang sekolah formal atau universitas. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui mengapa minat belajar siswa lebih dominan pada pendidikan dayah dibanding pendidikan umum; (2) Mengetahui metode pengajaran Dayah Tgk. H. Ahmad Ibnu Umar; dan (3) Mengetahi apa saja problematika dan usaha solutif yang dilakukan oleh pimpinan Dayah Tgk. H. Ahmad Ibnu Umar dalam meningkatkan eksistensinya sebagai pusat pendidikan agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan angket. Data yang sudah dikumpulakan kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan minat belajar siswa lebih dominan pada pendidikan dayah karena materi belajamya bersumber dari kitab dan metode belajar di dayah lebih mudah. Metode pengajaran yang digunakan di dayah adalah metode tanya jawab, ceramah, dan praktek ibadah. Bentuk problematika dayah dalam meningkatkan eksistensi dayah adalah kurang dukungan dari pemerintah dan kurangnya sarana dan prasarana pendidikan. Terakhir, usaha solutif untuk mengatasi problematika tersebut ialah dengan mencari dukungan dari masyarakat dan pemerintah, menyediakan fasilitas sarana dan prasarana yang memadai, dan membuat lapangan kerja untuk para teungku yang mengajar di dayah tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Saifullah Isri, S.Pdi, MA 2. Isnawardatul Bararah, S.Ag, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Curiculum, KTSP, K13
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Nurul Hikmah Siti
Date Deposited: 29 May 2019 03:14
Last Modified: 29 May 2019 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7946

Actions (login required)

View Item
View Item