Strategi Komunikasi Fundraising Rumah Zakat Aceh dalam Membangun Kredibilitas Donatur

Rizki Ananda, 140401032 (2019) Strategi Komunikasi Fundraising Rumah Zakat Aceh dalam Membangun Kredibilitas Donatur. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Komunikasi, Rumah Zakat] Text (Membahas tentang Komunikasi, Rumah Zakat)
Rizki Ananda.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[thumbnail of Membahas tentang Komunikasi, Rumah Zakat] Text (Membahas tentang Komunikasi, Rumah Zakat)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (313kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Fundraising Rumah Zakat Aceh dalam membangun Kredibilitas Donatur”. Dalam kinerjanya sebagai lembaga filantropi, Rumah Zakat Aceh mengandalkan fundraising sebagai bidang khusus dalam menangani permasalahan donatur. fundraiser sebagai pelakunya melakukan strategi komunikasi tertentu sehingga menyebabkan lembaga dapat memperoleh banyak donatur serta kepercayaan mereka untuk tetap memberikan donasi. Rumah Zakat Aceh telah memperoleh 1.400 donatur, dengan jumlah donatur yang begitu banyak menjadi tantangan tersendiri bagi para fundraiser dalam mempertahankan kredibilitas donatur. Apalagi, donatur tersebut memiliki kemauan dan karakteristik yang berbeda-beda. Pihak fundraiser pun melakukan strategi komunikasi tertentu termasuk menampilkan segala keberhasilan dan pencapaian kepada para donatur yang juga merupakan salah satu strategi lembaga. Harapannya, dengan strategi komunikasi tersebut donatur yang sudah mereka miliki tetap terus memberikan donasi melalui lembaga. Namun, kenyataannya tidak sesuai harapan. Rumah Zakat Aceh memiliki beberapa donatur yang tidak kembali memberikan donasi melalui lembaga. Penelitian ini bertujuan untuk: Pertama, mengetahui strategi komunikasi Fundraising Rumah Zakat Aceh dalam membangun kredibilitas donatur. Kedua, mengetahui faktor yang menyebabkan donatur memberikan donasi dan tidak kembali melalui Rumah Zakat Aceh. Ketiga, mengetahui hambatan komunikasi apa saja yang dihadapi oleh fundraiser Rumah Zakat Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kualititatif dengan mengandalkan data yang diperoleh melalui observasi dan wawancara, Selanjutnya menjelaskan dalam bentuk analisis deskriptif. Penelitian ini menggunakan dua teori strategi komunikasi yaitu Philip Lesly dan Hierarchy Effect. Dari hasil penelitian, strategi komunikasi fundraising Rumah Zakat Aceh lebih sesuai dengan strategi komunikasi Hierarchy Effect. Namun, ada sedikit penyesuaian dari strategi komunikasi yang mereka lakukan yaitu beradaptasi dengan kemauan dan karakteristik donatur. Sedangkan strategi komunikasi Philip Lesly lebih berkaitan dengan kinerja lembaga. Adapun saran, untuk Rumah Zakat Aceh, Agar terus berkolaborasi dengan Baitul Mal Aceh, untuk fundraising, agar tetap membuat jadwal khusus pertemuan donatur. untuk donatur, agar memberi respon dan untuk tim assessment, agar memberi data kongkrit kepada lembaga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. Yusri M.Lis; 2. Anita S.Ag., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Fundraising, Kredibilitas, Donatur
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rizki Ananda
Date Deposited: 20 May 2019 07:39
Last Modified: 20 May 2019 07:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7955

Actions (login required)

View Item
View Item