Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Materi Hidrokarbon Kelas XI di SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar

Nanda Eriza, 140208161 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Materi Hidrokarbon Kelas XI di SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of FORM B DAN D NANSA ELIZA.pdf]
Preview
Text
FORM B DAN D NANSA ELIZA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (768kB) | Preview
[thumbnail of Pengaruh Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT)]
Preview
Text (Pengaruh Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT))
NANDA REPOSITORY.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dialami siswa pada materi hidrokarbon adalah masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran dikarenakan pembelajaran yang mengutamakan kepada penjelasan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Rancangan penelitian ini adalah dengan menggunakan desain penelitian Quasi ekprerimen pretes dan postest. Teknik pengumpulan data menggunakan pemberian tes, dan angket respon siswa berbentuk multiple chose. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI SMA Negeri I Baitussalam Aceh Besar. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas XI IPA I dan siswa kelas XI IPA 2 yang masing-masing terdiri dari 22 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 07-28 Agustus 2018. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengaruh model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembahasan hidrokarbon di kelas XI SMAN Negeri I Baitussalam Aceh Besar. Hal ini didasarkan hasil ujian akhir yang dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan α = 0,05, maka diperoleh thit = 5,111 dan ttabel = 2,01808 maka thitung > ttabel yaitu 5,111 > 2,01808. Respon siswa mencapai rata-rata 90,91%, karena dalam model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) meningkat hasil belajar dalam materi hidrokarbon, pada tahap pertanyaan respon ini termasuk kategori tertarik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Hilmi, M.Ed 2. Haris Munandar M.Pd
Uncontrolled Keywords: NHT, Model kooperatif tipe Numbered Head Together Materi Hidrokarbon
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Nanda Eriza
Date Deposited: 21 May 2019 07:26
Last Modified: 21 May 2019 07:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7959

Actions (login required)

View Item
View Item