Kendala Guru Fisika Dalam Melaksankan Penilaian Autentik Pada Kurikulum 2013 Di SMAN Se-Kota Banda Aceh

Anggi Rya Destryana, 140204150 (2019) Kendala Guru Fisika Dalam Melaksankan Penilaian Autentik Pada Kurikulum 2013 Di SMAN Se-Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Kendala Guru Fisika Dalam Melaksanakan Penilaian Auntentik Pada Kurikulum 2013]
Preview
Text (Membahas Tentang Kendala Guru Fisika Dalam Melaksanakan Penilaian Auntentik Pada Kurikulum 2013)
SKRIPSI ANGGI RYA DESTRYANA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of FORM B DAN FORM D.pdf]
Preview
Text
FORM B DAN FORM D.pdf

Download (672kB) | Preview

Abstract

Penilaian autentik (authentic assessment) merupakan penilaian yang dilakukan oleh guru untuk mengetahui proses pembelajaran peserta didik, banyak penilaian yang harus dilaksanakan oleh guru sehingga menyebabkan guru mengalami masalah dalam melakukan penilaian autentik. Pada penelitian ini telah dikaji mengenai kendala guru fisika dalam melaksanakan penilaian autentik pada kurikulum 2013 di SMAN Se-Kota Banda Aceh. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kendala guru fisika dalam melaksanakan penilaian auntentik pada kurikulum 2013 di SMAN Se-Kota Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan menggunakan angket dan wawancara, subjek penelitian ini adalah guru fisika di SMA Negeri 2 Banda Aceh, SMA Negeri 5 Banda Aceh, SMA Negeri 13 Banda Aceh, SMA Negeri 14 Banda Aceh, SMA Negei 16 Banda Aceh, dan SMA Negeri 15 Adidarma Banda Aceh yang berjumlah 11 orang guru fisika. Hasil penelitian di dapatkan bahwa guru fisika mengalami beberapa kendala ketika melakukan penilaian autentik saat proses pembelajaran yang meliputi tiga ranah penilaian, yaitu penilaian kompetensi sikap (afektif), pengetahuan (kognitif), dan keterampilan (psikomotor). Adapun kendala guru fisika dalam melaksanakan penilaian autentik yaitu ketersediaan alokasi waktu pembelajaran yang terbatas, karakter peserta didik yang berbeda-beda, jumlah peserta didik yang banyak, serta dalam melakukan penyusunan penilaian sesuai dengan ketentuan kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Mursal, M.Si 2. Sabaruddin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kendala guru fisika, Penilaian autentik, kurikulum 2013
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Anggi Rya Destryana Anggi
Date Deposited: 21 May 2019 02:50
Last Modified: 21 May 2019 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7960

Actions (login required)

View Item
View Item