Keterampilan Guru dalam Mengelola Sumber Belajar Bidang Studi Fiqih di MTsN 4 Banda Aceh

Nora Hafiza, 140201042 (2018) Keterampilan Guru dalam Mengelola Sumber Belajar Bidang Studi Fiqih di MTsN 4 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Keterampilan Guru Mengajar)
Nora Hafiza.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Membahas tentang Keterampilan Guru Mengajar)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (567kB) | Preview

Abstract

Guru yang terampil adalah guru yang memiliki pengetahuan yang luas, memiliki kecakapan dan memiliki keterampilan dalam mengelola sumber belajar, yang nantinya akan menghasilkan prestasi belajar peserta didik yang lebih baik. Akan tetapi kenyataannya guru Fiqih di MTsN 4 Banda Aceh masih mengalami hambatan seperti, minimnya fasilitas LCD Projector di sekolah, guru lebih memfokuskan bahan materi yang terdapat dalam buku Fiqih. Akibatnya, tidak tercapainya tujuan pendidikan yang diharapkan sehingga berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan guru dalam mengelola sumber belajar bidang studi Fiqih dan bagaimana upaya yang dilakukan guru bidang studi Fiqih dalam mengelola sumber belajar di MTsN 4 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Angket diberikan kepada peserta didik dengan mengambil sampel berjumlah 40 orang, terdiri dari 20 orang kelas VII dan 20 orang kelas VIII yang dipilih secara acak, 2 orang guru Fiqih dan 1 orang kepala sekolah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis yaitu memaparkan dan menganalisis data yang ada. Hasil penelitian ditemukan bahwa tingkat keterampilan guru dalam mengelola sumber belajar bidang studi Fiqih di MTsN 4 Banda Aceh sudah baik, hal tersebut terlihat dari keterampilan guru dalam melakukan perencanaan pengelolaan sumber belajar terlebih dahulu, terampil dalam menggunakan buku-buku lain yang menunjang materi pembelajaran, memanfaatkan lingkungan sekolah, menggunakan media pembelajaran yang menarik, menggunakan metode dan model pembelajaran secara bervariasi, dan mampu memberikan contoh dari setiap materi yang sedang dipelajari. Sedangkan upaya yang dilakukan guru Fiqih dalam mengelola sumber belajar, yaitu dengan meningkatkan serta mengkolaborasikan metode dan model pembelajaran sehingga peserta didik dapat memahami dengan mudah materi yang diajarkan, mencari bahan dari internet serta dari koleksi perpustakaan untuk menambah wawasan, menggunakan powerpoint saat proses belajar mengajar serta menggunakan media dan sumber belajar lainnya dan melakukan pendekatan terhadap peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dra. Juairiah Umar, M.Ag; 2. Ramli, S.Ag., MH
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Guru, Mengelola Sumber Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nora Hafiza Nora
Date Deposited: 23 May 2019 06:57
Last Modified: 23 May 2019 06:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8012

Actions (login required)

View Item View Item
TOP