Kompetensi Profesional Guru Akidah Akhlak di MTsN 4 Banda Aceh

Nurafni, 140201036 (2018) Kompetensi Profesional Guru Akidah Akhlak di MTsN 4 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Kompetensi Guru Bidang Studi)
Nurafni.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Membahas tentang Kompetensi Guru Bidang Studi)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (568kB) | Preview

Abstract

Guru profesional adalah guru yang memiliki kemampuan dalam menguasai materi pelajaran, memiliki kemampuan dalam mengelola kelas, serta kemampuan penguasaan mengelola program pembelajaran, yang nantinya akan menghasilkan prestasi belajar peserta didik yang lebih baik. Akan tetapi kenyataannya guru Akidah Akhlak di MTsN 4 Banda Aceh masih mengalami kendala, seperti kendala guru dalam mengkondisikan ruangan kelas. Akibatnya, tidak tercapainya tujuan pendidikan yang diharapkan sehingga berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi profesional guru Akidah Akhlak di MTsN 4 Banda Aceh dan bagaimana upaya guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan kompetensi profesional. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Angket diberikan kepada peserta didik dengan mengambil sampel berjumlah 40 orang yaitu terdiri dari 20 orang kelas VII dan 20 orang kelas VIII yang dipilih secara acak, serta 2 orang guru Akidah Akhlak, 1 orang kepala sekolah dan 1 orang wakil kepala sekolah untuk diwawancara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis yaitu memaparkan dan menganalisis data yang ada. Hasil penelitian ditemukan bahwa tingkat kompetensi profesional guru Akidah Akhlak di MTsN 4 Banda Aceh sudah baik, hal tersebut terlihat dari kemampuan guru dalam menguasai materi yang diajarkan, kemampuan menggunakan metode dan model pembelajaran secara bervariasi, menggunakan media pembelajaran dengan baik, memberikan evaluasi, menyiapkan dan menyimpulkan materi diakhir pembelajaran, memiliki wawasan pengetahuan yang luas dan menguasai mata pelajaran yang dibinanya dengan baik sehingga memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik. Sedangkan upaya yang dilakukan guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan kompetensi profesional yaitu dengan mengikuti pelatihan atau penataran yang berkaitan dengan pembelajaran Akidah Akhlak, mempelajari dan mendiskusikan materi yang belum dikuasai atau dipahami dengan guru yang lebih mahir, melakukan pendekatan terhadap peserta didik, memanfaatkan sarana dan prasarana yang tersedia, meningkatkan dan mengkolaborasikan metode dan model pembelajaran sehingga peserta didik dapat memahami dengan mudah materi Akidah Akhlak, dan meningkatkan pengelolaan serta perangkat sekolah, dan mampu meningkatkan kedisiplinan dalam menjalankan tugas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Muzakir, M.Ag; 2. Isna Wardatul Bararah, S.Ag., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Profesional Guru
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurafni Nurafni
Date Deposited: 23 May 2019 06:58
Last Modified: 23 May 2019 06:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8013

Actions (login required)

View Item View Item
TOP