Penggunaan Media Alfabet Card Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I MIN 8 Aceh Besar

Fitria Ayus Nanda, 140209145 (2019) Penggunaan Media Alfabet Card Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I MIN 8 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Media Alfabet Card]
Preview
Text (Membahas tentang Media Alfabet Card)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (404kB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Media Alfabet Card]
Preview
Text (Membahas tentang Media Alfabet Card)
Fitria Ayus Nanda.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Membaca permulaan yang baik tergantung pada cara guru mengajarkannya,dan penggunaan media pembelajaran.Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk membaca permulaan adalah media Alfabet Card. Dengan menggunakan media Alfabet Card dalam membaca permulaan siswa terekam suasana belajar lebih hidup dan menyenangkan.Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah aktivitas guru dan siswa dalam menggunakan media Alfabet Card, serta bagaimanakah peningkatan keterampilan membaca permulaan siswa menggunakan media Alfabet Card di kelas 1-E MIN 8 Aceh Besar.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru,aktivitas siswa, dan peningkatan keterampilan membaca permulaan siswa dengan menggunakan media Alfabet Carddikelas1 MIN 8 Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian nya adalah siswa kelas I – E MIN 8 Aceh Besar yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi guru,lembar observasi siswa dan juga lembar tes membaca siswa.Kemudian data ini dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata dan presentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan guru selama proses pembelajaran, yaitu pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 3,09 dengan katagori baik. Sedang kan pada siklus ke II sudah mencapai nilai rata-rata 3,72 dengan katagori baik sekali. Serta aktvitas siswa selama proses pembelajaran pada siklus I diperoleh 3,45 dengan katagori baik. Sedangkan pada siklus ke II diperoleh nilai rata-rata 3,8 dengan katagori baik sekali. Hasil tes keterampilan membaca permulaan siswa siklus I dengan presentase nilai 73,41% dengan katagori cukup, sekitar 14 siswa yang belum bisa membaca dengan baik.sedangkan pada siklus ke II meningkat menjadi 92,46%dengan katagori baik. Hanya 1 siswa lagi yang belum bisa membaca dengan baik. Bedasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa,dengan menggunakan media Alfabet Card dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. TasnimIdris, M.Ag 2. SitiKhasinah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media Alfabet Card, Keterampilan Membaca Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fitria Ayus Nanda Fitria
Date Deposited: 24 May 2019 04:26
Last Modified: 24 May 2019 04:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8015

Actions (login required)

View Item
View Item