Pesan Dakwah Melalui Media Massa (Analisis Isi Rubrik Serambi Mihrab pada Harian Serambi Indonesia Edisi Februari 2016

Hasbi, 411106264 (2017) Pesan Dakwah Melalui Media Massa (Analisis Isi Rubrik Serambi Mihrab pada Harian Serambi Indonesia Edisi Februari 2016. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas Tentang Dakwah)
Hasbi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (34MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Pesan Dakwah melalui Media Massa (Analisi Isi Rubrik Serambi Mihrab pada Harian Serambi Indonesia Edisi Februari 2016). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa sajakah pesan dakwah yang terkandung dalam rubrik Serambi Mihrab pada Harian Serambi Indonesia Edisi Februari 2016. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah. untuk mengetahui pesan-pesan dakwah yang terkandung dalam Serambi Mihrab pada Harian Serambi Indonesia Edisi Februari 2016. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi yaitu menganalisis isi teks pesan dakwah yang terkandung dalam berita di rubrik Serambi Mihrab edisi Februari 2016. Analsis pesan terhadap berita di rubrik Serambi Mihrab menggunakan unit pencatatan tematik yaitu mengenai apa dan tentang apa isi yang ingin diinformasikan. Untuk mendukung proses penyelesaian sikripsi ini penulis menggunakan teknik pengumpulan data yang diperoleh melalui dokumentasi. Hasil penelitian ada bentuk dakwah Syariat, Sejarah Islam, Fiqih, Akhlak dan Ekonomi Syariah dan menunjukan bahwa pesan-pesan dakwah yang terkandung dalam Serambi Mihrab pada Harian Serambi Indonesia edisi Februari 2016 umumnya ajakan untuk mengajak manusia mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan melakukan kebaikan dan menjauhi kemungkaran, ajakan untuk mendekati dengan Allah dengan cara shalat subuh berjamaah, dengan cara shalat tahajjud, dengan cara berhijab sesuai dengan syariat Islam, pesan-pesan mengajar hukum shalat Jumat, serta untuk mengingat perjuangan Nabi dalam menegakan agama Islam dengan maulid Nabi SAW. Agar orang-orang mengingat dan meneruskan perjuangan Nabi Muhammad SAW.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Ade Irma. B.H. Sc, M.A 2.Hasan Basri, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Serambi Mihrab, Pesan, Dakwah, Media Massa
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Fery Fery Sandria
Date Deposited: 20 Sep 2017 09:43
Last Modified: 20 Sep 2017 09:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/803

Actions (login required)

View Item View Item
TOP