Penerapan Metode Oral Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Tunarungu Di SMALBS B YPAC (Yayasan Pembinaan Anak Cacat) Banda Aceh

Miska Rahmah, 140402023 (2019) Penerapan Metode Oral Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Tunarungu Di SMALBS B YPAC (Yayasan Pembinaan Anak Cacat) Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of SKRIPSI MISKA RAHMAH FULL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI MISKA RAHMAH FULL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of SCAN861.pdf]
Preview
Text
SCAN861.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (431kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Salah satu yang menghambat bahasa dan keterampilan lisan anak dalam penyesuaiannya dengan orang yang pendengarannya normal adalah menggunakan bahasa isyarat ketika proses pelaksanaan metode oral berlangsung, dan pelaksanaan metode oral di SMALBS B YPAC Banda Aceh adalah menggunakan bahasa isyarat ketika metode oral berlangsung, maka dari itu peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode oral terhadap anak tunarungu, upaya guru dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak tunarungu, perubahan pada anak tunarungu setelah diterapkan metode oral, faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan metode oral terhadap anak tunarungu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengambilan subjek penelitian dilakukan dengan cara purposive sampling dengan jumlah subjek enam orang yang terdiri dari kepala sekolah, guru, kepala asrama dan pengasuh asrama. Hasil penelitian yaitu pelaksanaan metode oral dilaksanakan meliputilatihan prabicara, latihan pernapasan, latihan pembentukan suara, pembentukan fonem, pembetulan, dan pengembangan fonem, upaya yang dilakukan adalah menyediakan tenaga kerja lulusan pendidikan luar biasa, mengulang kembali materi yang sudah diberikan, memperdalam belajar konsonan, membiasakan berbicara secara lisan, perubahansetelah diterapkan metode oral yaitu mampu mengucapkan kata, konsonan bilabial,konsonan dental,konsonan palatal, faktor pendukung adalah sarana dan prasarana yang tersedia dan faktor penghambat adalah tidak adanya alat bantu mendengar secara pribadi, kualitas pengajar dan pengasuh, faktor pribadi anak seperti tidak membiasakan menerapkan bahasa lisan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 155 Psikologi direferen dan Pengembangan > 155.4 Psikologi Anak
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren > 2X7.344 Pendidikan Ketrampilan Khusus
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Miska Rahmah Miska
Date Deposited: 24 May 2019 03:46
Last Modified: 24 May 2019 03:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8032

Actions (login required)

View Item
View Item