Urgensi Bimbingan Dan Konseling Islam Dalam Pengembangan Kecerdasan Emosional Siswa di SMAN 1 Labuhanhaji Kabupaten Aceh Selatan

Marzul Husnan, 140402106 (2019) Urgensi Bimbingan Dan Konseling Islam Dalam Pengembangan Kecerdasan Emosional Siswa di SMAN 1 Labuhanhaji Kabupaten Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (467kB) | Preview
[thumbnail of MARZUL HUSNAN.pdf]
Preview
Text
MARZUL HUSNAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Urgensi Bimbingan dan Konseling Islam Dalam Pengembangan Kecerdasan Emosional Siswa di SMAN 1 Labuhanhaji Kabupaten Aceh Selatan”. Pada Era globalisasi ini banyak siswa yang hanya mementingkan kecerdasan intelektualnya saja tanpa memperhatikan kecerdasan emosionalnya. Sehingga banyak terjadi siswa tidak bisa mengelola emosinya dengan baik. Apabila siswa tidak bisa mengelola emosinya maka siswa akan kesulitan dalam mengatasi setiap masalah yang dihadapinya. Adapun yang menjadi fokus masalah dalam penilitian ini adalah bagaimana bentuk-bentuk bimbingan dan konseling yang selama ini diberikan pada siswa SMAN 1 Labuhanhaji Kabupaten Aceh Selatan, bagaimana peran guru bimbingan konseling dalam pengembangan kecerdasan emosional siswa dan mengapa pentingnya pemberian bimbingan dan konseling Islam dalam pengembangan kecerdasan emosional pada siswa SMAN 1 Labuhanhaji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk-bentuk bimbingan dan konseling yang selama ini diberikan pada siswa SMAN 1 Labuhanhaji Kabupaten Aceh Selatan, untuk mengetahui bagaimana peran guru bimbingan konseling dalam pengembangan kecerdasan emosional siswa dan untuk mengetahui mengapa pentingnya pemberian bimbingan dan konseling Islam dalam pengembangan kecerdasan emosional siswa SMAN 1 Labuhanhaji. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitis dan pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sumber data adalah guru bimbingan konseling SMAN 1 Labuhanhaji Kabupaten Aceh Selatan, kepala sekolah SMAN 1 Labuhanhaji, dan tujuh orang siswa SMAN 1 Labuhanhaji. Setelah mendapatkan data yang diperoleh dari lapangan, maka hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk bimbingan dan konseling yang diberikan berupa bimbingan konseling individu dan bimbingan konseling kelompok. Peran guru bimbingan konseling dalam pengembangan kecerdasan emosional ini yaitu memberikan bimbingan konseling, motivasi, mengontrol siswa. Pemberian konseling dalam pengembangan kecerdasan emosional siswa dilakukan dengan cara tes bakat minat dan tes kepribadian, sehingga bisa mengetahui bakatnya dan kepribadiannya, kemudian diberikan saran dan konseling, siswa juga diberikan konseling islam seperti terapi Asmaul Husna, pencerahan yang berhubungan dengan Hadits-hadits, membuat renungan, menyuruh untuk beribadah dan memberikan ekskul Rohis yaitu pembelajaran yang berhubungan dengan keagamaan dan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan bimbingan dan konseling Islam dalam pengembangan kecerdasan emosional siswa ini sangatlah penting untuk perubahan siswa yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Mahdi NK, M.Kes 2. Reza Muttaqin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan Konseling Islam, Kecerdasan Emosional Siswa
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.33 Tingkat Tsanawiyah dan Aliyah > 2X7.332 Aliyah
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.38 Pendidikan tinggi (Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi) > 2X7.384 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Marzul Husnan Marzul
Date Deposited: 27 May 2019 03:39
Last Modified: 27 May 2019 03:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8049

Actions (login required)

View Item
View Item