Penerapan Model PDEODE Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Peredaran Darah di SMPN 2 Banda Aceh

Mira Nur Rafiqah, 140207171 (2019) Penerapan Model PDEODE Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Peredaran Darah di SMPN 2 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Form B dan Form D - Mira Nur Rafiqah.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D - Mira Nur Rafiqah.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Penerapan Model Pdeodeterhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa  Pada Materi Sistem Peredaran Darah Di SMPN 2 Banda Aceh]
Preview
Text (Penerapan Model Pdeodeterhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Di SMPN 2 Banda Aceh)
Skripsi Full - Mira Nur Rafiqah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran yang dilakukan di SMPN 2 Banda Aceh sudah aktif namun model yang diterapkan kurang bervariasi, dan sebahagian siswa hanya belajar
biologi dengan cara menghafal bukan memahami konsep sehingga membuat siswa tidak berpikir kritis dan hasil belajar menurun. Salah satu upaya mengatasi permasalahan tersebut, dengan penerapan model PDEODE. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas VIII-7 dibelajarkan model PDEODE dan VIII-5 dibelajarkan model
konvensional di SMPN 2 Banda Aceh pada materi sistem peredaran darah manusia. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi-Eksperimen dengan
bentuk desain Posttest Only Control Design. Populasi dalam Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Banda Aceh, sedangkan sampel dalam penelitian
ini adalah kelas VIII-7 dan VIII-5 yang terdiri dari 22 siswa menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan tes.
Kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem peredaran darah kelas eksperimen yang diterapkan model PDEODE rata-rata tergolong kategori sangat
kritis dan kemampuan berpikir kritis kelas kontrol yang diterapkan model konvensional rata-rata tergolong kategori kritis. Hasil belajar siswa pada materi
sistem peredaran darah kelas eksperimen dengan model PDEODE yaitu 81,82 sedangkan kelas kontrol dengan model konvensional yaitu 75,46. Pengujian hipotesis hasil belajar (post-test) kelas eksperimen dan kontrol menggunakan uji-t menunjukkan terdapatnya perbedaan yang signifikan antara ttabel = 1,68 sehingga
diperoleh thitung > ttabel yaitu = 2,63. > 1,68 maka berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian disimpulkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar yang dibelajarkan model PDEODE berbeda dengan hasil belajar yang dibelajarkan dengan model konvensional pada materi sistem peredaran darah.
Kata kunci : Model PDEODE, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Eriawati, M.Pd. 2. Nurasiah,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model PDEODE, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Mira Nur Rafiqah Mira
Date Deposited: 27 May 2019 01:53
Last Modified: 27 May 2019 01:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8060

Actions (login required)

View Item
View Item