Penerapan Peraturan Terhadap Kedisiplinan Santri di Dayah Modern Darul Ulum Banda Aceh

Imran, 431006053 (2016) Penerapan Peraturan Terhadap Kedisiplinan Santri di Dayah Modern Darul Ulum Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas Tentang Kedisiplinan Santri)
Imrah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (38MB) | Preview

Abstract

Penerapan peraturan terhadap kedisiplinan santri merupakan kebijakan yang di susun oleh pengurus Dayah atau pesantren agar pendidikan berlangsung sistematis, sehingga mencapai tujuan yang diinginkan.Penelitian ini berkaitan tentang Penerapan peraturan terhadap kedisiplinan santri di Dayah Modern Darul Ulum Banda Aceh. Pokok pembahasan yang menjadi perhatian dalam penelitian ini adalah upaya yang dilakukan pengurus Dayah Modern Darul Ulum untuk menerapkan peraturan terhadap santri, bentuk partisipasi pimpinan dan dewan guru dalam merealisasikan aturan di Dayah Modern Darul Ulum, dan yang terakhir yaitu kendala yang dihadapi dalam menerapkan peraturan di Dayah Modern Darul Ulum. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang menggunakan latar alamiah dengan maksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian, dengan mendeskripsikan data dalam bentuk kata-kata dan bahasa, dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Pendekatan penelitian kualitatif dipilih karena penelitian ini dilakukan pada kondisi yang natural yaitu menggambarkan keadaan yang sesunggunya tentang Penerapan peraturan terhadap kedisiplinan santri di Dayah Modern Darul Ulum Banda Aceh. Metode pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Peneliti juga melakukan observasi langsung, agar data yang terkumpul lebih akurat. Peneliti menganalisis secara individual dengan jumlah informan 34 orang, yang terdiri dari Pimpinan, Ustad dan Ustazah, serta para santri yang belajar di Dayah Modern Darul Ulum. Hasil yang peneliti peroleh, bahwa ada lima upaya yang dilakukan pengurus Dayah Modern Darul Ulum untuk menerapkan peraturan terhadap santri, yaitu dengan mengajarkan, menentukan rutinitas dan kebiasaan, membentuk figur keteladanan, menentukan prioritas peraturan dan merefleksi kepribadian santri. Sedangkan bentuk partisipasi pimpinan dan dewan guru dalam merealisasikan aturan di Dayah Modern Darul Ulum ada tiga tahap pertama dalam pengambilan kebijakan, kedua dalam penerapan kebijakan dan yang terakhir merealisasi tujuan dari penerapan kebijakan. Secara umum ada dua faktor kendala yang dihadapi dalam menerapkan peraturan di lingkungan Dayah Modern Darul Ulum. Yaitu Faktor Internal yang terjadi di dalam lingkungan Dayah Modern Darul Ulum Sendiri, baik dari santri, tenaga pengajar maupun fasilitas Dayah, dan faktor Ekternal yang merupakan kendala berdasarkan pengaruh dari lingkungan luar Dayah Modern Darul Ulum. Yang menarik dari penelitian ini adalah rata-rata Faktor Eksternal di dapat ketika santri berada di lingkungan luar dan terbawa ke dalam lingkungan Dayah. Hal itulah yang kemudian memicu santri sehingga melanggar peraturan dan tidak betah tinggal di Dayah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pendidikan: 1.Drs. Juhari, M.Si 2.Sakdiah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan, Santri, Modern, Dayah
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren > 2X7.341 Pesantren
Depositing User: Marlini Abdurrahman
Date Deposited: 27 Sep 2017 04:09
Last Modified: 27 Sep 2017 04:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/814

Actions (login required)

View Item View Item
TOP