Pengaruh Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Negeri 1 Montasik

Riska Maulizariani, 140205055 (2019) Pengaruh Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Negeri 1 Montasik. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pendidikan Matematika]
Preview
Text (Membahas tentang Pendidikan Matematika)
Riska Maulizariani.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (19MB) | Preview

Abstract

Kemampuan koneksi matematis penting untuk dikuasai oleh peserta didik, namun masalah yang terjadi adalah kemampuan koneksi matematis peserta didik masih tergolong rendah. Hasil survei PISA pada tahun 2009 atau OECD pada tahun 2010 menunjukkan bahwa presentase peserta didik sekolah menengah di Indonesia yang mampu menyelesaikan soal-soal yang membutuhkan proses koneksi matematis hanya 5,4%. Ini menunjukkan 95% peserta didik belum mampu mengaitkan beberapa representasi yang berbeda dari suatu konsep matematika baik dalam matematika itu sendiri maupun dengan kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu kemampuan koneksi matematis siswa perlu dioptimalkan dengan pendekatan pembelajaran matematika, yaitu dengan pendekatan open ended. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan open ended. (2) kemampuan koneksi matematis siswa SMP Negeri 1 Montasik yang diajarkan dengan pendekatan open ended lebih tinggi daripada kemampuan koneksi matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan konvensional. Rancangan penelitian bersifat quasi eksperimen dengan desain pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Montasik. Sampel diambil secara cluster random sampling yaitu kelas VIIIb dan kelas VIIIa. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan koneksi matematis. Hasil penelitian diperoleh (1) thitung = 10,9 > ttabel = 1,72 maka pendekatan open ended dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa, (2) berdasarkan uji-t hipotesis kedua, maka diperoleh thitung = 9,06 > ttabel = 1,68 sehingga kemampuan koneksi matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan open ended lebih tinggi daripada kemampuan koneksi matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan konvensional. Disimpulkan bahwa pendekatan open ended dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa SMP Negeri 1 Montasik dan kemampuan koneksi matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan open ended memperoleh peningkatan yang lebih tinggi daripada kemampuan koneksi matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. H. Nuralam, M.Pd. 2. Vina Apriliani, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Open Ended, Kemampuan Koneksi Matematis.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika) > 519 Probabilitas dan Matematika terapan > 519.6 Pengoptimuman Matematis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Riska Maulizariani
Date Deposited: 17 Jun 2019 08:15
Last Modified: 17 Jun 2019 08:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8140

Actions (login required)

View Item
View Item