Penerapan Model Pembelajaran The Learning Cell untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP

Liza Novikha, 140205051 (2019) Penerapan Model Pembelajaran The Learning Cell untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Liza Novikha.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (901kB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis siswa dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya adalah penggunaan model pembelajaran. Penerapan model pembelajaran yang tepat untuk menyampaikan suatu materi sangat membantu siswa dalam menerima materi yang disampaikan. Oleh karena itu perlu dilakukan proses pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif. Pembelajaran dengan menggunakan model The Learning Cell cenderung membuat siswa menjadi lebih aktif karena mendapatkan perannya masing-masing, yaitu satu orang bertindak sebagai tutor/fasilitator dan satu orang lainnya bertindak sebagai siswa, dan kegiatan tersebut dilakukan secara bergantian. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran The Learning Cell dan (2) untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model The Learning Cell dengan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Baitussalam. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan random sampling, dengan kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian terdiri dari perangkat pembelajaran dan lembar tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes yang terdiri dari pre-test dan pos-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran The Learning Cell dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajarani The Learning Cell lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Zainal Abidin, M.Pd; 2. Zikra Hayati, S.Pd.I., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran The Learning Cell, Komunikasi Matematis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Liza Novikha
Date Deposited: 13 Jun 2019 09:36
Last Modified: 13 Jun 2019 09:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8148

Actions (login required)

View Item
View Item