Penggunaan Media Big Book terhadap Kelancaran Membaca Siswa pada Tema Diriku Kelas 1 MIN 8 Aceh Besar

Mutia Ulfa, 140209151 (2019) Penggunaan Media Big Book terhadap Kelancaran Membaca Siswa pada Tema Diriku Kelas 1 MIN 8 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Penggunaan Media Big Book terhadap Kelancaran)
MUTIA ULFA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Salah satu keterampilan yang sangat diperlukan dibidang pendidikan adalah keterampilan membaca. Membaca merupakan proses memperoleh informasi dari buku. Kelancaran membaca akan mempengaruhi kemampuan akademis siswa. Ketidaklancaran membaca mernpengaruhi penguasaan materi terhadap mata pelajaran lainnya. Dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar disekolah pada umumnya guru menggunakan media pembelajaran yang tidak sesuai dengan materi yang berlangsung pada hari itu. Pembelajaran semacam ini tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar secara aktif dan kreatif dan bahkan siswa terkesan pasif.Dengan kondisi siswa yang pasif sehingga pembelajaran tersebut tidak menghasilkan hasil belajar yang baik. Beranjak dari permasalahan di atas peneliti bermaksud untuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) upaya peningkatan kelancaran membaca yang lebih baik dengan mencoba menerapkan salah satu media pembelajaran. Media big book adalah media yang berbentuk buku besar yang di dalamnya terdapat cerita dan gambar yang menarik sesuai dengan teks cerita.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1)Untuk mengetahui aktivitas guru dalam menggunakan media big bookkelas I pada tema Diriku di MIN 8 Aceh Besar (2)Untuk mengetahui aktivitas siswa dalam menggunakan media big book kelas I pada tema Diriku di MIN 8 Aceh Besar (3)Untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan media big book terhadap kelancaran membaca siswa kelas I pada tema Diriku di MIN 8 Aceh Besar. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah: (1) Lembar observasi aktivitas guru (2) Lembar observasi aktivitas siswa (3) Tes Membaca, kemudian dianalisis dengan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas guru pada siklus I yaitu 77,08% dan meningkat pada siklus II menjadi 93,75%. (2) Aktivitas siswa pada siklus I yaitu 73,95% dan meningkat menjadi 97,91%. (3)Hasil tes membaca pada siklus I yaitu 46,15% dan meningkat menjadi 92,30%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan media big bookdapat meningkatkan kelancaran membaca siswa pada tema Diriku kelas I di MIN 8 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Ridwan M.Daud. M.Ed 2. Siti Khasinah, S.Ag., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media BigBookdan Kelancaran Membaca Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutia Ulfa
Date Deposited: 18 Jun 2019 03:43
Last Modified: 18 Jun 2019 03:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8187

Actions (login required)

View Item View Item
TOP